EnglishIndonesian

Peneliti Puslitbangnak Bimbing 19 KTD Wilayah Bogor Cara Beternak Sapi dan Domba

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) yang terdiri dari Koordinator Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Dr. Andi Saenab, peneliti senior Dr. Chalid Talib dan Ir. Umi Adiati memberikan materi budi daya ternak pada acara bimbingan teknis yang dilaksanakan 8 Maret 2021 di Hotel Salak. Kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Rumah Aspirasi ini dihadiri pula oleh anggota Komisi IV DPR RI Ir. Budhy Setawan, M.Si. dan diikuti oleh 19 Kelompok Tani Dewasa (KTD) Kota Bogor, diantaranya KTD Kertamulya, KTD Cahaya Mandiri, KTD Sirnagalih Madani, KTD Mitra Berbudi, KTD Barokah Cimahpar, KTD Generasi Muda 08 dan KTD Cikaret Berbudi.

Direktur Rumah Aspirasi Yoda dalam sambutannya menyampaikan bahwa peternakan merupakan salah satu unsur penting dalam ketahanan pangan dan berharap pemerintah akan terus memberikan pendampingan antara lain dengan cara memberikan bimbingan teknis agar pengetahuan peternak terus meningkat dan terbuka wawasannya.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Saenab menyampaikan paparannya mengenai Inovasi Teknologi Bidang Peternakan Hasil Balitbangtan. Dijelaskannya komoditas ternak yang telah dihasilkan Puslitbangnak, antara lain, Ayam KUB, Itik Master, Domba Compass Agrinak, Kambing Boerka Galaksi Agrinak, Sapi Pogasi, serta kelinci. Selain itu inovasi pakan ternak juga disampaikan, seperti Estrunak, Minoxit, Indigofera gozoll agribun, Stenotaphrum secundatum var. Steno agrinak. Inovasi teknologi yang dihasilkan Puslitbangnak ini sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu Dr. Chalid memberikan materi bimtek dengan judul “Budi Daya Sapi Potong” dan Ir. Umi Adiati memaparkan materi “Budi Daya Ternak Domba”. (REP)

Bagikan Berita ini