EnglishIndonesian

Peneliti Lolit Kapo Tinjau Kesiapan Peternak Penerima Bantuan Sapi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 15 September 2016.

Peneliti Loka Penelitian Kambing Potong (Lolit Kapo) Muhammad Syawal, S.Pt, M.Si, Dr. Ir. Simon E. Sinulingga, M.Si dan Rijanto Hutasoit, M.Sc, melakukan peninjauan lapang untuk menyaksikan kesiapan dua kelompok peternak penerima bantuan sapi dari Direktorat Jenderal Peternakan di Desa Benteng Jaya Kecamatan Sei Balai Kabubapen Batu Bara.

Kunjungan kepada peternak ini sudah kedua kalinya, pertama pada bulan Juni 2016, kemudian pada bulan Agustus 2016. Kegiatan ini, untuk memonitor kesiapan sarana dan prasarana serta pembinaan tentang Sistem Integrasi Sapi Sawit (SITT).

Dua kelompok peternak ini, dicalonkan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Batu Bara untuk mendukung kegiatan unggulan Direktorat Pakan dalam rangka mewujudkan SITT yang telah dicanangkan sejak tahun 2015.

Pada kelompok peternak Sentosa, telah tersedia sarana dan prasarana antara lain Kandang komunal, mesin chooper, kebun rumput dan hijauan legum. Jenis sapi yang akan di terima yakni Brahman Cross, untuk populasi sapi ini pada tahap awal akan dilakukan kawin secara alami selanjutnya kedepan berencana menggunakan inseminasi buatan dengan menggunakan hormon progesteron sebagi penggertak birahinya.

Pada kelompok peternak Tunas Muda, telah mempersiapkan sarana dan prasarana antara lain Kandang komunal, mesin chooper, kebun rumput dan hijauan legum. Jenis sapi yang akan di terima yakni Brahman Cross dari australia sebanyak 20 ekor. yang berkomposisi 18 ekor betina dan 2 ekor jantan. (AHM)

Sumber: Lolit Kambing Potong

Bagikan Berita ini