EnglishIndonesian

Penanggung Jawab Kegiatan Paparkan Kegiatannya Kepada Tim Monev Puslitbangnak

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 28 Juli 2021.

Telah dilaksanakan Monev Tahap I Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Balitnak pada tanggal 7-8 Juli 2021. Bertindak sebagai tim evaluator adalah Dr. Bess Tiesnamurti dan Dr. Endang Romjali dari Puslitbangnak; dan Dr. Indrawati Sendow dari BB Litvet. Kegiatan Monev dihadiri oleh Koordinator Program Balitnak Dr. Yeni Widiawati dan Sub Koordinator Evaluasi Puslitbangnak  drh. Iif Syarifah Munawaroh, M.Epid. Monev dilakukan secara daring (on line).

Monev dilakukan dalam dua sesi. Sesi 1 pada tanggal 7 Juli 2021 dengan paparan dari 18 kegiatan. Kemudian dilanjutkan Sesi II pada 8 Juli 2021 dengan paparan 16 kegiatan. Paparan disampaikan oleh penangggung jawab kegiatan . Adapun kegiatan yang dimonev hari pertama 7 Juli 2021 adalah Peningkatan Produktivitas Kelinci Hycole, Hyla dan NZW serta Pemantapan Kelinci Satin oleh Dr. Ir. Bram Brahmantiyo, M.Si.; Penggunaan Mineral Organik Zinc-Methionin pada Pakan untuk Meningkatkan Produktifitas Kelinci oleh Dra. Tuti Haryati, M.Sc, Penetapan Kebutuhan Beberapa Asam Amino Esensial pada Itik Petelur Alabimaster Agrinak Periode Starter, Grower dan Layer oleh Dr. Maijon Purba, S.Si., M.Si.; Uji Adaptasi Rumput Benggala Mutan pada Lahan Sub-Optimal oleh Drs. Sajimin; Introduksi TPT unggul untuk perbaikan padang penggembalaan di lahan salin oleh Seleksi Tanaman Pakan Ternak Toleran pada Lahan Kering Salin Endang Sutedi, S.Si.; Perakitan aplikasi “Smart Forage “untuk Mengidentifikasi TPT di perkebunan kelapa sawit dalam rangka menunjang SITT , oleh Dr. Achmad Fanindi, S.Pt., M.Si., Peningkatan Produktivitas Hijauan dan Pakan Konsentrat Berbasis Limbah Industri Sawit dalam Mendukung Ketahanan Pakan di Areal Perkebunan oleh Dr. Ir. Iwan Herdiawan, MP.; Evaluasi Generasi Pertama (G1) Kambing Perah Saanpe (75% Saanen, 25% PE) pada Sifat Produksi Susu oleh Ir. Anneke Anggraeni, M.Si., Ph.D. Pengkayaan Pakan untuk Meningkatkan Produksi dan Kualitas Susu Kambing Perah; oleh Dr. Ir. Dwi Yulistiani, M.App.Sc. Pembentukan 3 Rumpun Baru Domba Komposit St. Croix Cross, Komposit Sumatera Versi 2 dan St. Croix Indonesia, serta Mempertahankan Populasi Inti Domba CA, KGA dan BA oleh Dr. Ir. Chalid Talib, M.Sc. Konsentrat Protein Sebagai Stimulator Fermentasi Rumen untuk Meningkatkan Pertumbuhan Domba, oleh Dr. Wisri Puastuti, S.Pt., M.Si.; Metabolit Sekunder Bahan Aktif Alami sebagai Pakan Aditif untuk Menghasilkan Produk Ternak Ruminansia Berkualitas Prima dan Efisien, oleh Dr. Ir. Dwi Yulistiani, M.App.Sc., Pemanfaatan Kultur Primordial Germ Cell untuk Konservasi Sumber Daya Genetik Ternak Ayam oleh Dr. Tatan Kostaman, S.Si., M.Si., Produktivitas Itik Kerinci, Pitalah dan Peking yang Dipelihara secara Ex-Situ di Balitnak oleh Dr. Tatan K ostaman, S.Si., M.Si. Pengelolaan Sumber Daya Genetik Ternak Ruminansia Kecil oleh Ir. Umi Adiati; Seleksi Itik Alabio dan Mojosari Sebagai Bibit GPS Itik Petelur oleh Dr. Ir. Rd. Triana Susanti, M.Si. Pembentukan Male Line Entok Putih Lokal oleh Dr. Ir. Rd. Triana Susanti, M.Si. Inventarisasi dan Karakterisasi Tanaman Pakan Ternak (Rumput dan Leguminosa) Koleksi Balitnak oleh Harmini SPt., MSi.

Kemudian dilanjut hari kedua tanggal 8 Juli 2021 sebanyak 16 kegiatan Kombinasi Pakan Suplemen Lemak Terlindungi dan Bahan Sumber Lemak Omega untuk Meningkatkan Performans Ternak Perah oleh Dra. Susana IWR; Perakitan Teknologi Nanopartikel Progesteron untuk Sinkronisasi Estrus pada Sapi Perah oleh Dr. Diana Andrianita K., S.Pt., MP.; Pakan Suplemen dan Aditif untuk Mengurangi Stress Panas pada Sapi Laktasi oleh Dr. Ir. RA Yeni Widiawati Pakan Berbasis Legum dengan Suplemen untuk Fase Bunting dan Pejantan Sapi Belgian Blue Silangan dan Murni oleh Dr. Elizabeth Wina, M.Sc. Tingkat Keberhasilan Sinkronisasi Estrus dalam Protokol Ovsync Berbasis Preparat Progesteron pada Sapi FH, BB Cross dan PO oleh Dr. Andi Baso oleh Lompengeng Ishak, S.Pt., MP. Perbanyakan Populasi dan Evaluasi Kinerja Reproduksi Sapi Belgian Blue (BB) Murni dan BB-Silangan (BB-FH) Ria sari gail Optimasi Teknologi Transfer Embrio untuk Meningkatkan Genetik Ternak Kerbau oleh Dr. Lisa Praharani, M.Sc. Produksi Bibit Ayam Kampung Unggul untuk Percepatan Diseminasi oleh Ir. Hasnely Zainal, MP. Produksi bibit Unggul Ternak Ayam Sensi-1 Agrinak (UPBS) oleh Drs. Isbandi Produksi bibit itik Unggul untuk percepatan diseminasi oleh Cecep hidayat Percepatan Produksi Domba Unggul Balitnak untuk Diseminasi teknologi oleh Ir. Dwi Priyanto, MS. Produksi Bibit Unggul Domba Compass Agrinak (CA) Melalui Program UPBS atau BU oleh Ir. Umi Adiati Produksi Bibit Kelinci Unggul untuk Percepatan Diseminasi oleh Supardi Rusdiana, S.Pt., M.Si. Perbanyakan Bibit Unggul Ternak Itik Pedaging oleh Angga Ardhati Rani Hapsari, M.Si. Usaha ternak itik mendukung Program pengembangan Food Estate Berbasis Korporasi Petani di Propinsi Kalteng oleh Dr. Maijon Purba, S.Si., M.Si. Pendampingan dan diseminasi Inovasi ternak unggul balitnak (Itik) pada Lahan Rawa Mendukung Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah oleh Dr. Ir. Rd. Triana Susanti, M.Si.

Hasil dari monev adalah kegiatan yang bersifat produksi, percepatan dan diseminasi diharapkan dapat tetap menghasilkan karya tulis ilmiah (KTI). (REP)

Bagikan Berita ini