EnglishIndonesian

Penanda tanganan kerjasama Puslitbangnak dengan Faklutas Peternakan Universitas Mataram

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 08 September 2021.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) terus melaksanakan Kerjasama berbagai pihak, baik dengan perguruan Tinggi maupun Dinas terkait. Senin 6 September 2021 berbarengan dengan pelaksanaan seminar internasiol dilaksanakan penanda tangan Kerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Mataram Unram). Dari pihak Puslitbangnak ditanda tangani oleh Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto M.Si. sedangkan dari Fapet Unram oleh Dr. Maskur. Kegiatan ini dilaksananakan secara online melalui aplikasi zoom.

Puslitbangnak sebagai Unit Kerja Eselon II lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, mempunyai tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang peternakan dan kesehatan hewan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan.

Sedangkan Fakultas Peternakan Universitas Mataram adalah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi meliputi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat

Perjanjian Kerjasama ini dimaksudkan sebagai acuan bagi Puslitbangnak dan Fapet Unram dalam mendayagunakan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki secara optimal, guna saling mengisi, melengkapi dan memperkuat satu sama lain.

Sedangkan tujuan dari PKS ini adalah untuk menghasilkan dan mengembangkan inovasi teknologi di bidang peternakan dalam rangka mendukung terwujudnya swasembada pangan.

Ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama ini meliputi: penelitian dan pengembangan di bidang peternakan fokus pada bahan pakan lokal, manajemen peternakan berbasis komunitas dan kesehatan hewan bagi pembangunan peternakan di Mataram; pemberdayaan masyarakat yang menekankan pada perbaikan kesejahteraan peternak dan nilai tambah kegiatan peternakan;dan publikasi dan penyelenggaraan temu ilmiah bersama sebagai media dalam sharing kegiatan penelitian dan pengembangan peternakan baik tingkat nasional maupun internasional.

Perjanjian Kerja Sama Puslitbnagnak dan Fapet Unram ini berlaku untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun terhitung sejak tanggal ditandatanganinya. Perjanjian Kerja Sama ini dapat diperpanjang sesuai kesepakatan. (REP)

Bagikan Berita ini