EnglishIndonesian

Pemkab Indramayu Dukung Penuh Program RPIK Itik Master

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 23 September 2021.

Dalam upaya mengembangkan pembibitan dan budi daya Itik Master yang didukung dengan kemandirian pakan ternaknya, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu pada Rabu, 22 September 2021 di Pendopo Kab. Indramayu.

Hadir pada audiensi tersebut antara lain Kepala Puslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si., peneliti senior Dr. Triana Susanti, Koordinator KSPHP Puslitbangnak Dr. Andi Saenab serta perwakilan dari BPTP Jawa Barat, Balitnak, BBLitvet dan Balit Tanah. Sementara itu dari Pemkab Indramayu diwakili Asisten Daerah (Asda) III Ir. Suwenda Asmita, MSi.

Asda III menyatakan dukungan penuh Pemkab Indramayu terhadap program Riset Pengembangan Inovatif dan Kolaboratif (RPIK) yang dilaksanakan Puslitbangnak dan siap melengkapi kebutuhan yang diperlukan. "Kami menyambut baik terkait program kegiatan RPIK ini serta mendukung sekali dan akan melengkapi dukungan-dukungan yang dibutuhkan dalam RPIK supaya berjalan dengan baik dan bekelanjutan," tegas Suwenda.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Puslitbangnak menjelaskan bahwa pengembangan pembibitan Itik Master ini merupakan salah satu rangkaian program RPIK yang dilaksanakan Puslitbangnak. "RPIK merupakan kegiatan riset dan pengembangan yang dilaksanakan secara kolaborasi baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun offtaker", ujar Dr. Agus.

Dinyatakannya pula bahwa RPIK di Indramayu dilakukan dalam pengembangan budi daya itik secara intensifikasi yang didukung dengan penyediaan pakan yang berbasis bahan baku lokal, produksi bibit itik unggul, perakitan alsintan untuk pabrik pakan, vaksinasi, biosecurity, keamanan pakan dan lain-lain.

Sementara itu, Korwil RPIK Indramayu Dr. Triana Susantiberharap program kegiatan pengembangan Itik Master ini kedepannya bisa berkelanjutan dan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu. (Ppk)

Bagikan Berita ini