EnglishIndonesian

Pembahasan Matrik Usulan Kegiatan Tahun 2018 Loka Penelitian Kambing Potong

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 27 Februari 2017.

Sesuai dengan agenda rutin kegiatan sub bidang Program Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak), disetiap awal tahun diselenggarakan pembahasan matrik kegiatan dan proposal penelitian untuk tahun berikutnya. Pada TA 2017, Subbid Program Puslitbangnak melakukan evaluasi matrik tahun 2018 di Loka Penelitian Kambing Potong dengan menerjunkan langsung Tim Evaluator Puslitbangnak yang ditetapkan berdasarkan Surat Penugasan Kuasa Pengguna Anggaran Puslitbangnak Nomor 167/OT.050/H.5/02/2017 tanggal 10 Februari 2017 yaitu Prof (R). Dr. Ismeth Inounu dan Dr. Elizabeth Wina. Acara dibuka oleh Kepala Loka Penelitian Kambing Potong (Dr. Simon Elieser) yang dalam sambutannya, menekankan bahwa matrik yang disusun untuk tahun 2018 menggunakan konsep yang sama seperti yang diusulkan pada tahun 2017. Hal ini dilakukan karena sebagian besar usulan kegiatan TA 2017 belum bisa diakomodir anggarannya pada tahun terkait. Pembahasan dilaksanakan Selasa-Jum’at (21-24 Februari 2017) dihadiri oleh para penanggung jawab kegiatan dan peneliti di Loka Penelitian Kambing Potong. Kegiatan ini dimaksudkan sekaligus penjaringan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Loka Penelitian Kambing Potong.

Selanjutnya Kabid Program dan Evaluasi Puslitbangnak (Dr. Eko Handiwirawan) menyampaikan bahwa sesuai siklus perencanaan dilakukan pembahasan matrik dan proposal TA 2018.  Matrik agar segera disusun karena sudah diminta oleh Balitbangtan dengan deadline waktu penyerahan sudah dalam waktu dekat. Sementara matrik dan proposal yang sudah dibahas oleh tim evaluator tersebut agar dapat diupdate dan disampaikan pada sub bidang Program Puslitbangnak.

Penyusunan matrik ini sangat penting sebagai landasan untuk membuat proposal kegiatan TA 2017. Baik matrik dan proposal TA 2018 harus melalui pembahasan protokol diskusi ditingkat UPT, untuk kemudian dilakukan pembahasan dan evaluasi pada tingkat Unit Kerja. Hasil pembahasan tersebut kemudian disampaikan dan diusulkan ke Balitbangtan. Sesuai dengan hasil evaluasi Matrik Loka Penelitian Kambing Potong TA 2018 oleh tim Evaluator Puslitbangnak, bahwa telah dibuat dan diselesaikan konsep matrik kegiatan TA 2018 yang terdiri dari 5 RPTP, 1 RDHP, dan 1 RKTM. Berdasarkan arahan dari Tim Evaluator Puslitbangnak, Loka Penelitian Kambing Potong diminta untuk melakukan pemetaan terhadap hasil penelitian yang sudah dilaksanakan serta penelitian-penelitian yang belum dan harus dilaksanakan dalam rangka untuk mencapai target output sesuai dengan tupoksi UPT. (REP)

Bagikan Berita ini