EnglishIndonesian

Pemanfaatan Zinc atau Seng Ternak Ruminansia

Pakan adalah faktor utama yang menentukan performa produksi dan reproduksi ternak. Selain mengandung protein, karbohidrat, serat pakan juga mengandung mineral dan vitamin. Dua unsur yang terakhir sering kurang mendapat perhatian oleh peternak. Ada 2 macam mineral yaitu makro dan mikro. Ca, P, Mg, Na, K termasuk dalam kelompok mineral makro. Sedangkan Fe (iron/besi), Mn (Mangan), Zn (Zinc/Seng), Se (Selenium), Cu (Copper/tembaga), Co (Cobalt), Cr (Chromium) termasuk dalam mineral kelompok mikro.

Setiap mineral mempunyai fungsi sendiri dalam tubuh. Mineral Zn, Mn, Cu misalnya dapat meningkatkan fertilitas, pertumbuhan janin, ketahanan terhadap penyakit dan integritas kuku dan kulit, Sedangkan untuk sistim saraf dipengaruhi oleh mineral Cu. Sementara itu Cu dan Zn berpengaruh terhadap pelapis bulu. Mineral Zn dan Co dapat meningkatkan nafsu makan. Pembentukan tulang dipengaruhi oleh Mn dan Cu. Meningkatkan produksi susu dan pembentukan otot adalah fungsi mineral Zn. Pemberian mineral organik lebih baik daripada mineral anorganik. Teknologi pembuatan mineral organik dalam bentuk Zinc metionin telah dapat dilakukan di Balai Penelitian Ternak.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan di Balai Penelitian Ternak oleh Dr. Elizabeth Wina dkk dapat disimpulkan bahwa: penambahan Zn-organik (Zn-metionin) meningkatkan fermentasi rumen dengan total gas yang lebih tinggi (17.7%) dan meningkatkan produksi amonia yang dibutuhkan untuk pertumbuhan mikroba rumen. Penambahan Zn metionin lebih baik dibandingkan dengan Zn anorganik atau campurannya terhadap nilai kecernaan pakan in vitro. Penambahan Zinc organik pada pakan sapi perah laktasi meningkatkan produksi susu dengan mempertahankan produksi susu tetap tinggi dan tidak cepat menurun. Pada sapi pejantan, pemberian Kalem+ Zin organik meningkatkan volume dan sifat antioksidan sperma sapi dan meningkatkan Pada sapi perah anak lepas sapih, penambahan Zinc metionin meningkatkan pertambahan bobot badan harian (PBBH) anak jantan.

Bagikan Berita ini