EnglishIndonesian

Pelatihan Teknologi Pertanian Untuk Petani Muda

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 20 Oktober 2016.

Untuk kedua kalinya Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan melaksanakan pelatihan teknologi pertanian untuk petani muda. Pelatihan dilaksanakan dalam 2 hari, pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2016 di Balai Penelitian Ternak Ciawi. Acara dibuka oleh Kasie Yantek Balai Balai Penelitian Ternak Drs. Sajimin yang  dalam sambutannya menyampaikan Selamat datang kepada peserta pelatihan teknologi pertanian, semoga ilmu yang diperoleh dari pelatihan dapat diterapkan di daerah masing-masing. Kalau nanti membutuhkan informasi lebih lanjut terkait teknologi peternakan dapat menghubungi Balitnak.

Pelatihan  hari pertama dengan materi manajemen budidaya ternak itik, sistem penetasan dan inseminasi buatan (IB) pada itik yang disampaikan oleh Dedi Muslih. Sedangkan hari kedua diisi dengan materi tentang manajemen budidaya ternak ayam, sistem penetasan dan inseminasi buatan (IB) pada ayam yang akan disampaikan oleh ini Abdullah Ujianto.

Saat ini Balitnak sudah menghasilkan 3  macam itik baru yaitu itik MA yang merupakan silangan Mojosari dan Alabio;  itik PMp silangan Peking dan Mojosari putih betina dan itik serati silangan entok  jantan dan itik Pmp betina. Bahwa untuk memelihara itik memerlukan kandang yang tidak terlalu luas. Untuk 1 m2 dapat memelihara 3 ekor induk atau 5 ekor itik muda atau 20 ekor anak.

Pelatihan ini diikuti petani muda yang berasal dari Jawa Barat (Bogor, Sukabumi dan Tasikmalaya) dan Nganjuk (Jawa Timur).  (REP)

Bagikan Berita ini