EnglishIndonesian

Partisipasi Puslitbangnak dalam Acara Bimtek Keterbukaan Informasi Publik

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 30 Juni 2021.

Tim PPID Puslitbangnak hadir dalam acara rapat evaluasi dan Bimtek Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) 10-11 Juni 2021 yang lalu. Tim yang hadir adalah Dr. Agus Susanto Kapuslitbangnak, Dr. Andi Saenab Koordinator KSPHP Puslitbangnak dan Bayu Arta Ramadhan, S.Pt, staf PDHP Puslitbangnak.

Adapun agenda kegiatan ini adalah Penandatanganan Komitmen Keterbukaan Informasi Publik oleh Pimpinan, Evaluasi dan Bimbingan Teknis Keterbukaan Informasi Publik Balitbangtan

Sekretaris Balitbangtan Dr. Haris Syahbudin, M.Si dalam laporannya menyebutkan Balitbangtan mendapatkan peringkat pertama dengan nilai 92,51 dan mendapat predikat sebagai Badan Publik yang Informatif.

Terdapat 5 (lima) Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Balitbangtan yang mendapatkan predikat Informatif antara lain: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (94,42), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi (92,14), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten (91,69), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua (91,68), dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu (91,30).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Balitbangtan Dr. Fadjri Jufry, M.Si yang menyampaikan terima kasih kepada seluruh unit kerja yang telah hadir dalam rapat bimtek keterbukaan informasi publik. Beliau juga menyampaikan apresiasi terkait keterbukaan informasi publik BPTP Papua yang telah masuk dalam 5 besar pemeringkatan keterbukaan informasi publik.

Komitmen pimpinan dalam mendukung keterbukaan informasi publik antara lain Penandatanganan nota komitmen, Ketersediaan Anggaran, Kelengkapan sarana dan prasarana (konter layanan PPID, komputer, keterangan waktu layanan, dll), Kehadiran pimpinan dalam kegiatan PPID, serta Kepatuhan dalam penyusunan dan pelaporan DIP, laporan bulanan dan laporan tahunan.

Kepala Balitbangtan juga mendorong seluruh unit kerja untuk melaksanakan komitmen keterbukaan informai publik secara sungguh-sungguh dan diharapkan tetap mampu mempertahankan peringkat I Keterbukaan Informasi Publik.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Keterbukaan Informasi Publik oleh seluruh Kepala Unit Kerja Esselon II Lingkup Balitbangtan dan dilanjutkan dengan acara penyerahan plakat abdibakti tani tahun 2019 diterima oleh BBLitvet, Balitkabi, Balitjestro, Balitsa, Balitro. Penghargaan Piagam diperoleh Balithi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik selaku PPID Utama Kementerian Pertanian Dr. Kuntoro Boga Andri dalam paparannya menyampaikan tentang arah dan kebijakan pengelolaan Informasi Publik dimasa pandemi covid-19. Adapun materi yang disampaikan terkait komitmen, organisasi, sarana prasarana, konter layanan, SDM, Inovasi pelayanan, Ketersediaan anggaran dan Daftar Informasi Publik (DIP).

Komisioner KIP (Romanus Ndau L) menyampaikan pentingnya pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada unit kerja. Perlu juga pengklasifikasian informasi yakni informasi serta merta, informasi berkala, informasi tersedia setiap saat dan informasi dikecualikan.

Akhirnya dari kegiatan ini disimpulkan bahwa seluruh PPID Pembantu Pelaksana dan PPID Pelaksana UPT wajib untuk: menyusun Daftar Informasi Publik yang dikuasai dan disampaikan kepada PPID Eselon I dan ditembuskan kepada PPID Utama; membuat laporan bulanan dan disampaikan secara rutin per bulan kepada PPID Eselon I dan ditembuskan kepada PPID Utama; menyusun laporan tahunan dan dikirimkan kepada PPID Eselon I dan ditembuskan kepada PPID Utama dan Kehadiran pimpinan dalam kegiatan PPID menjadi penilaian komitmen keterbukaan informasi publik masing-masing unit kerja lingkup Balitbangtan (REP/BAR)

Bagikan Berita ini