EnglishIndonesian

Pantau Kesehatan Karyawan dan Karyawati, Puslitbangnak Laksanakan Medical Check Up

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 03 Maret 2022.

Dalam situasi pandemi Covid-19, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) terus memantau kesehatan karyawan dan karyawatinya. Pemantauan dilakukan melalui kegiatan Medical Check Up (MCU) yang dilaksanakan Rabu 2 Maret 2022 di kantor Puslitbangnak. MCU merupakan kegitan rutin dan sudah menjadi agenda tahunan Puslitbangnak.

Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto dalam sambutannya menyampaikan “MCU adalah tindakan penting untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang dengan didukung hasil pengujian darah, treadmill maupun rontgen. Mengetahui kondisi tubuh kemudian memperbaiki sejak dini jika ada permasalahan kesehatan baik yang belum maupun yang sudah bergejala.

“Pengobatan penyakit atau memperbaiki gangguan kesehatan memiliki peluang keberhasilannya lebih tinggi jika sejak dini terdeteksi dan diobati. Jangan sampai ada pegawai merasa sehat sedangkan dalam tubuhnya sudah ada permasalahan kesehatan.” tegas Kapuslitbangnak.

Di akhir sambutan beliau menyampaikan "Bisa juga terjadi badannya merasa sakit tetapi sebetulnya data dukung klinis normal sehingga bisa saja sumbernya adalah mental ataupun jiwanya yang terganggu. Gunakan perkembangan analisa kesehatan dan kemajuan teknologi kesehatan untuk mendukung kesehatan. Mencegah lebih baik daripada mengobati dan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat" jelasnya.

Ada 13 macam pemeriksaan meliputi: Jantung EKG untuk usia < 41 tahun, jantung treadmill untuk usia < 41 tahun, hematologi lengkap (CBC, LED, lekosit), glukosa 2 jam pasca puasa, SGOT, SGPT, kreatinin, asam urat, cholesterol total, cholesterol LDL, Direk, cholesterol HDL, trigliserida, urin rutin. (REP)

Bagikan Berita ini