EnglishIndonesian

Orasi Purna Tugas Prof. Dr. Kusuma Diwyanto berkiprah di Balitbangtan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 13 Oktober 2016.

Prof. Dr. Kusuma Diwyanto, Ahli Peneliti Utama dalam bidang Penelitian dan Pemuliaan Ternak di Puslitbangnak sudah berkiprah selama 40 tahun di Balitbangtan. Beliau menyampaikan orasi purnatugasnya bertempat di aula kantor Puslitbangnak Bogor ( Rabu 12 Oktober 2016), dengan judul “40 tahun mengabdi sebagai peneliti (Upaya mewujudkan Swasembada Daging)”.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Dr. M. Syakir dalam sambutannya menyampaikan Badan Litbang bangga mempunyai peneliti seperti Prof. Dr. Kusuma Diwyanto yang selalu bekerja keras dalam segala kondisi.

Selain sebagai peneliti, beberapa jabatan struktural yang pernah diduduki beliau antara lain sebagai Kepala Balai Penelitian Ternak (1993-1997), sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (1997-2005), sebagai Direktur Perbibitan Ditjen PKH (2005-2006), sebagai Eselon II ad interim di Puslitbang Perikanan (1998), PSE (1999) dan Sekretaris Balitbangtan (2005).

Selama berkarir belau sudah menghasilkan lebih dari 130 karya tulis ilmiah (KTI) yang ditulis sendiri atau bersama peneliti lain, yang diterbitkan dalam jurnal, prosiding dan buku yang bertaraf internasional maupun internasional. Kegiatan yang dihasilkan adalah model sistem integrasi tanaman ternak (SITT) baik sistem integrasi padi ternak (SIPT) maupun sistem integrasi sapi-sawit (SISKA).

Pada tahun 2002 Prof. Dr. Kusuma Diwyanto pernah menerima penghargaan dari Presiden RI terkait dengan Ketahanan Pangan Tingkat Nasional.
Acara ini dihadiri oleh Kepala Balitbangtan, Sekretaris Balitbangtan, Kepala UPT lingkup Balitbangtan, Pengurus Harian Forum Komunikasi Profesor Riset dan anggota, para professor riset,PB ISPI, PP-PPSKI, Pengurus APFINDO, PP HPDKI, peneliti, karyawan/karyawati Puslitbangnak dan keluarga besar Prof. Dr. Kusuma Diwyanto. (REP)

Bagikan Berita ini