EnglishIndonesian

Monitoring Tahap III Puslitbangnak

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 07 Desember 2016.

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) telah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal Lingkup Puslitbangnak yaitu Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Veteriner (BBalitvet), Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapo) dan Loka Penelitian Kambing Potong) Tahap III TA 2016. Tim dibagi menjadi 4 kelompok. Tim I terdiri dari Dr. Yeni Widiawati dan Drh. Iif Syarifah Munawaroh monev ke Lolit Grati pada tanggal 7-9 November 2016. Tim II terdiri dari Prof. Dr. Sjamsul Bahri, Dr. Elizabeth Wina, MSc, Drh. Iif Syarifah Munawaroh dan Drh. Imas Sri Nurhayati, MSi, monev ke BBalitvet pada tanggal 10-11 November 2016. Tim III yang terdiri dari Prof. Dr Ismeth Inounu, Dr. Eko Handiwirawan dan Ir. Bambang Setiadi, MSc monev ke Lolit Kambing Potong pada tanggal 14-16 November 2016. Terakhir Tim IV yang terdiri dari Dr. Bess Tiesnamurti, Dr. Eko Handiwirawan, Dr. Agus Wiyono, MSc, Dr. Elizabeth Wina. MSc dan M. Ikhsan Shieddieqy, SPt, monev ke Balitnak pada tanggal 17-18 November 2016.

Monitoring merupakan kegiatan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan rencana kerja, mengidentifikasi dan mengantisipasi permasalahan yang mungkin timbul sehingga mempengaruhi keberhasilan pencapaian output. Pemantauan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan memberikan indikasi awal dari perkembangan atau kekurangan suatu kinerja yang sedang berjalan. Dalam tahapan pelaksanaan evaluasi dilakukan serangkaian kegiatan membandingkan output yang direncanakan dengan output yang dihasilkan. Evaluasi dan pemantauan sejak dini diharapkan mampu memperoleh output yang sesuai dengan yang telah ditetapkan/ditargetkan pada awal tahun kegiatan.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini: 1) Sosialisasi rencana monev termasuk menyampaikan beberapa kewajiban laporan yang harus dilaksanakan oleh masing- masing UPT, 2) Presentasi dan klarifikasi capaian kegiatan dengan masing-masing penanggungjawab/administrasi keuangan, 3) Updating progress publikasi kegiatan, 4) Input dan analisis data dan 5) Penyusunan laporan monev untuk masing-masing UPT lingkup Puslitbangnak. Monev tahap III ini difokuskan pada pencapaian hasil kegiatan penelitian tahun anggaran 2016 berikut target publikasi dan perkembangannya. Indikator pada monev ini difokuskan pada output yang dihasilkan dalam bentuk produk, teknologi maupun informasi termasuk pencapaian publikasi.
Perkembangan pelaksanaan kegiatan sampai pelaksanaan monev tahap III berjalan dengan baik dan akan selesai sesuai dengan rencana. (REP)

Bagikan Berita ini