EnglishIndonesian

Momentum Kementan Buktikan Stok Produksi Pangan Aman pada Puncak HPS - 41 di Masa Pandemi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 26 Oktober 2021.

Cirebon (25/10/2021) Kementerian Pertanian (Kementan) terus memacu produksi pangan guna memastikan stok terjamin dalam kondisi aman.  "Kementerian Pertanian mengupayakan tiada hari tanpa panen dan tanam di berbagai titik di Indonesia. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi. Hal ini merupakan upaya kita dalam memastikan ketersediaan bahan pangan, menjaga stabilisasi harga dan meningkatkan kesejahteraan petani," ucap Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam acara puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41 di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat,Senin (25/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Mentan SYL menyampaikan rasa terima kasihnya untuk semua pihak yang berpartisipasi dan sudah memberikan kontribusi dalam memajukan sektor pertanian utamanya seluruh petani di Indonesia yang tanpa kenal lelah selalu bekerja di sawah dan memastikan sawah terus menghasilkan pangan untuk 273 juta penduduk Indonesia.

Puncak peringatan HPS ke-41 ini dirayakan serentak secara virtual di berbagai provinsi dan kabupaten dengan melakukan panen serentak. Usai melakukan panen, Mentan SYL juga menyaksikan olah tanah menggunakan alat mesin pertanian.

Turut hadir secara langsung Dewan Pertimbangan Presiden, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Wakil Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, Kepala Perwakilan IFAD untuk Indonesia, Ivan Cossio Cortez, Assistant Kepala Perwakilan FAO di Indonesia, Ageng Heriyanto,Anggota Komisi IV, Ono Surono, Anggota Komisi IV, Sutrisno, Anggota Komite II DPD RI, KH Amang Syafrudin dan secara virtual Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Kepulauan Riau, Anshar Ahmad, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru serta Para Bupati.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) turut serta memeriahkan pameran yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pangan Sedunia ke 41, Puslitbangnak menampilkan ternak Ayam KUB, Ayam Sensi dan Kelinci Reza. Produk olahan juga tidak ketinggalan. Ikut ditampilkan berupa: Rendang sapi, olahan ayam kampung ada 5 varian yaitu: Woku, Rica, Betutu, Ayam goreng dan Kalasan, icip-icip telur ayam KUB dan Telur Itik..

Selain itu Puslitbangnak juga menampilkan produk-produk tambahan pakan aditif ternak diantaranya bioplus pedet, bioplus induk, bioplus serat, minoxvit, nanohormon, kalem dan produk olahan indogofera menjadi pelet.

Publikasi tercetak berupa flayer ternak ayam KUB, Ayam Sensi dan Itik PMp dan Itik Master juga didisplay pada stand pameran Lingkup Badan Litbang Pertanian selama acara HPS ke-41 di Cirebon. (BAR/REP)

Bagikan Berita ini