EnglishIndonesian

Menteri Pertanian Membuka Workshop Komunikasi Publik Kementerian Pertanian

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 02 Februari 2017.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka Workshop Komunikasi Publik Kementerian Pertanian yang dilaksanakan oleh Biro Humas dan Informasi Publik di IPB Convention Center Bogor pada tanggal 31 Januari 2017. Workshop mengangkat tema “Penderasan Komunikasi Publik”. Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng, menyampaikan pranata humas supaya lebih aktif dan kreatif dalam menyebarluaskan informasi pertanian dalam rangka memenangkan persepsi publik. Informasi yang disebarkan baik dalam media cetak, elektronik online dan juga media sosial. Kalau dulu ada istilah diam itu adalah emas, sekarang diam itu berarti tidak bekerja karena tidak terberitakan tentang apa saja yang sudah dikerjakan.


Narasumber dalam workshop ini adalah Kepala Biro Humas dan Informasi Publik menyampaikan topik dengan judul “Evaluasi Program dan Komunikasi Publik Kementan”. Disampaikan bahwa Pranata Humas harus fokus dalam menyampaikan informasi tentang kebijakan pemerintah dan melakukan komunikasi agar semua komponen pemerintah memiliki informasi yang cukup. Arah komunikasi publik saat ini adalah memenangkan persepsi, legitimasi, public trust dan capturing. Kemudian dilanjutkan Nukman Luthfie dengan judul “Strategi Media Sosial untuk Lembaga Pemerintah”. Narasumber terakhir Agung Laksamana (Ketua Perhumas).


Kegiatan ini bertujuan: Terwujudnya penyelenggaraan program dan kegiatan komunikasi publik yang terintegrasi, berdaya guna dan berhasil guna dalam mendukung program dan pelayanan publik Kementerian Pertanian. Selain itu juga mengkomunikasikan informasi mengenai lembaga dan segala kegiatannya kepada publik yang berkepentingan melalui berita yang tepat dan evaluasi pelaksanaan pelayanan informasi kehumasan lingkup Kementerian Pertanian.


Pada kesempàtan ini hadir beberapa perwakilan eselon 1 Kementan seperti Tanaman Pangan, PSP, Perkebunan, Hortikuktura, PKH, Balitbangtan, Ketahanan Pangan, PSDMP, Badan Karantina Pertanian dan Irjen dengan masing-masing menyampaikan agenda setting pemberitaan. Workshop diikuti oleh kurang lebih 200 orang, terdiri dari pejabat fungsional pranata humas pengelola kehumasan unit kerja/unit pelaksana teknis dan Kepala UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian. (REP)

Bagikan Berita ini