EnglishIndonesian

Mendukung kegiatan Reformasi Birokrasi, Puslitbangnak melaksanakan Rapat Kerja Tim Zona Integritas dan Sistem Pengendalian Intern

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 10 Juni 2022.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi telah melaksanakan kegiatan workshop sosialisasi penerapan zona integritas dan sistem pengendalian internal pada hari Rabu – Kamis (08 – 09 Juni 2022) di Auditorium Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi.

Kegiatan dibuka oleh Kapuslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tim Zona Integritas (ZI) dan Sistem Pengendalian Intern (SPI) Puslitbangnak diharapkan selalu membangun kerjasama tim yang solid. Hal penting lainnya yang perlu dipersiapkan adalah persiapan penyusunan rencana aksi dan persiapan dalam pengisian lembar kerja evaluasi (LKE). Hadir dalam acara tersebut Kabag Tata Usaha Ir. Narta, M.Si, Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Eko Handiwirawan, Koordinator KSPHP Dr. Andi Saenab beserta Tim ZI dan SPI Lingkup Puslitbangnak.

Narasumber pada hari pertama dibawakan oleh Sekretariat Balitbangtan Auliya, SP, MM yang dalam paparannya menjelaskan terkait kelengkapan dokumen notulen, absen dan foto sangat penting untuk dapat diarsipkan dan di filling dengan benar; penilaian Mandiri Penilaian Reformasi Birokrasi (PNPRB) mencakup 8 area perubahan, pengertian Zona Integritas, wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta Indikator penilaian ZI. Langkah strategi dalam pembangunan ZI-WBK/WBBM meliputi 5 (lima) komponen antara lain komitmen pegawai, kemudahan pelayanan, program yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, kegiatan monitoring dan evaluasi serta proses manajemen media.

Narasumber hari kedua oleh Sub Koordinator Kepegawaian dan Rumah Tangga, Yunus Sukmana, SH yang dalam paparannya menyampaikan terkait Kode etik pegawai dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) mendukung reformasi birokrasi. Optimalisasi Pelayanan Dalam Mewujudkan Zona Integritas Puslitbangnak disampaikan oleh Sub Koordinator Pendayagunaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) Nandi Hendriana, ST, M.Kom. (BAR/REP)


Bagikan Berita ini