EnglishIndonesian

Masifkan Inovasi Ayam KUB, Puslitbangnak Gelar Rapat Koordinasi Penguatan Perbibitan Ayam KUB

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 18 Juni 2021.

Dalam mendukung percepatan penyebaran bibit unggul ayam KUB, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan menggelar rapat koordinasi penguatan perbibitan ayam KUB. Kegiatan ini digelar di Ungaran pada 17 - 18 Juni 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., Kepala Pusat Litbang Peternakan Dr. drh. Agus Susanto, M.Si., Kepala BBP2TP Dr. Ir. Fery F. Munier, M.Sc., serta Kepala dan perwakilan BPTP dari berbagai provinsi di Indonesia.

Rakor dibuka oleh Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa ayam KUB dapat dimasifkan sebarannya di BPTP yang dijadikan Srata 1. "Dalam perkembangannya, ayam KUB di BPTP yang menjadi strata 1 sudah ada 12 provinsi dan untuk itu agar penyebaran dan pengembangan ayam KUB dimasifkan di 12 provinsi tersebut" ungkap Dr. Fadjry. Selain 12 provinsi yang sudah memiliki strata 1 ayam KUB, berdasarkan rakor kali 10 provinsi lain akan ditingkatkan menjadi strata 1.

Sambutan lainnya diberikan oleh Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto yang mengapresiasi capaian dari 12 provinsi yang menjadi strata 1 dan berharap agar ayam KUB 2 Janoko dapat segera disebarkan ke BPTP. "Ayam KUB 1 sudah dirasakan manfaatnya oleh peternak, sementara ayam KUB 2 Janoko diharapkan segera memiliki SK yang sah dari menteri agar dapat dirasakan manfaatnya oleh peternak" jelas Dr. Agus.

Pada rakor ini disampaikan beberapa materi diantaranya oleh Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto, Direktur Pembiayaan Pertanian Ir. Indah Megawati, M.P., Koordinator Unggas dan Aneka Ternak Iqbal Alim, S.Pt., Ketua Asosiasi Peternak Ayam KUB (ANAK AKUB) Sumali dan Kepala Balai Penelitian Ternak Dr. Andi Baso serta 12 Kepala BPTP.

Selain itu, para peserta rakor berkesempatan mengunjungi Kantor BPTP Jateng, UPBS Ayam KUB BPTP Jateng, Rumah Makan Pengolah Ayam KUB di Salatiga, Pabrik Pakan Mini ANAK AKUB dan Kandang Peternak Ayam KUB. Diharapkan dari kegiatan ini, BPTP yang menjadi strata 1 nantinya dapat memasifkan dan mendiseminasikan inovasi ayam KUB ini. (MIF)

Bagikan Berita ini