EnglishIndonesian

Lagi, Tim RPIK Banten Koordinasi, Survey Calon Lokasi dan Penyusunan Kuesioner Baseline Survei

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 30 Juni 2021.

Tim RPIK-Banten yang terdiri dari Puslitbangnak, Balitnak, BBLitvet, Balittanah, BBPMektan dan BPTP Banten. Dari Puslitbangnak hadir Tessa Magrianti, Eko Handiwirawan, Eko Kardiyanto dan Maisa Mardiarasari telah melaksanakan Koordinasi, Survei lanjutan calon lokasi dan penyusunan kuesioner baseline survey kegiatan RPIK Banten pada tanggal 10-11 Juni 2021 di  Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang.

Kegiatan koordinasi dilaksanakan di Saung Desa Gunung Kendeng, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak. Dihadiri oleh Kasie Ruminansia Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak (Hadi Winatapura, S.Pt), Kabid Produksi Pertanian Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak (Irwan Riyadi, SP, MA), Korluh Kecamatan Gunung Kencana, Kepala Desa Gunung Kendeng, Perwakilan Petani Jagung dan Peternak Domba Desa Gunung Kendeng, serta Tim RPIK Banten yang dikoordinatori oleh Dr. Wisri Puastuti.

Kegiatan survey calon lokasi dilaksanakan di Kp.Gunung Kendeng, Desa Gunung Kendeng pada 2 lokasi peternak muda yaitu kandang pertama dengan jumlah ternak domba sebanyak 17 ekor dan kandang kedua dengan jumlah ternak domba sebanyak 32 ekor. Selain itu didapatkan informasi bahwa di Kp.Gunung Kendeng masih terdapat peternak domba sebanyak 18 orang dengan jumlah ternak yang dipelihara sebanyak 6-10 ekor.

Hasil survei lokasi di Desa Kramat Jaya didapatkan informasi bahwa pola pemeliharaan ternak domba masih semi intensif (digembala sepanjang hari), Peternak sebagian besar adalah kaum tua. Posisi kandang yang domba tersebar (tidak terkonsentrasi) di setiap kampung, Ada potensi gangguan keamanan.

Berdasarkan hasil pertemuan yang dilakukan oleh Kepala BPTP Banten dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten didapatkan informasi bahwa Pemkab dan Pemprov merespon baik dan Dinas akan memberikan bantuan ternak.

Untuk calon lokasi lain akan disurvei adalah Kecamatan Anyer dan Kecamatan Jawilan di Kabupaten Serang. Kedua lokasi tersebut merupakan Kawasan pertanian jagung. Namun demikian perlu dilakukan survey lebih lanjut terhadap kelompok tani/ternak dan jumlah populasi ternak domba di Kawasan tersebut.

Kegiatan peyusunan kuesioner baseline survey dilaksanakan di Kantor BPTP Banten. Pada kegiatan ini telah disusun paket kuesioner yang memuat semua informasi yang dibutuhkan oleh semua kegiatan yang tergabung dalam kegiatan RPIK. Direncanakan aka dilaksanakan kegiatan Baseline Survey pada tanggal 23-26 Juni 2021 pada lokasi terpilih. (REP)

Bagikan Berita ini