EnglishIndonesian

Kunjungi BPTP Yogyakarta, Kepala Puslitbangnak Sharing Bersama Peneliti dan Penyuluh

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 25 Februari 2021.

Dalam upaya hilirisasi hasil inovasi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) ke masyarakat khususnya peternak, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. melaksanakan kunjungan ke BPTP Yogyakarta. Kunjungan ini dimaksudkan untuk berbagi informasi dan mendengar masukan dari peneliti dan penyuluh di BPTP Yogyakarta terutama bagi komoditas peternakan.

Kunjungan Kepala Puslitbangnak dilaksanakan pada Kamis, 25 Februari 2021 dan disambut langsung oleh Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si., peneliti dan penyuluh BPTP Yogyakarta.

Dr. Soeharsono membuka sesi diskusi dengan menyampaikan beberapa kegiatan terkait komoditas peternakan yang ada di daerah Yogyakarta. Diungkapkannya kegiatan litkaji dan penyuluhan di Yogyakarta berjalan dengan baik berkat dukungan peneliti dan penyuluh yang ahli. “Kegiatan pengkajian, penelitian dan penyuluhan di Yogyakarta sudah berjalan cukup baik. Ini berkat didukung dengan peneliti dan penyuluh yang ahli di bidangnya,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Balitnak Ciawi ini.

Dalam kunjungan ini, Kepala Puslitbangnak mengharapkan dukungan dari BPTP Yogyakarta untuk dapat mendiseminasikan hasil penelitian di bidang peternakan dan kesehatan hewan agar dapat dirasakan manfaatnya bagi peternak. "Saya harap hasil penelitian peternakan dan keswan yang dilakukan oleh peneliti Puslitbangnak baik yang di UPT kita maupun peneliti BPTP bidang peternakan dapat bermanfaat bagi peternak," ujarnya.

Selain itu, pria kelahiran Yogyakarta ini juga mengharapkan dukungan penyuluh dalam menyampaikan informasi yang benar dan tepat tentang teknologi pertanian yang dihasilkan oleh peneliti. “Selain peneliti, kita juga memiliki penyuluh yang merupakan garda terdepan dalam mendiseminasikan hasil penelitian peneliti kepada peternak yang sangat membutuhkan informasi,” imbuhnya.

 Peneliti utama BPTP Yogyakarta Prof. Dr. Ir. Gunawan, M.S. menyampaikan informasi dan saran kepada Kepala Puslitbangnak tentang komoditas peternakan yang layak diangkat sebagai success story di Yogyakarta. “Di daerah Yogyakarta, terdapat tiga contoh sukses peternakan yang ada yakni 1) minat kelompok peternak ayam KUB yang bertambah dan tingkat kematian ayam KUB/Sensi yang rendah, 2) integrasi Kambing – Kakao di Kawasan Nglanggeran dan 3) pakan sapi dengan pemanfaatan daun gamal yang cukup melimpah”, jelasnya. (MIF)

Bagikan Berita ini