EnglishIndonesian

Koordinasi Terkait Rencana Kerjasama Pelepasan Varietas Tanaman Pakan Ternak

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 25 Agustus 2021.

Bertempat di ruang rapat Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) telah dilaksankan Koordinasi antara Kapuslitbangnak Dr. Agus Susanto, M.Si dengan Direktur Pakan Ditjen PKH Drh. Agus Sunanto, MP pada 19 Agustus 2021. Koordinasi ini Terkait Rencana Kerjasama Pelepasan Varietas Tanaman Pakan Ternak.

Selain Kapuslitbangnak Koordinasi dihadiri oleh Dr. Andi Saenab, M.Si Koordinator Substansi KSPHP, Dr. Eko Handiwirawan Koordinator Substansi PE dan peneliti agrostologi Balitnak Drs. Saimin, Endang Sutedi dan Bayu Arta Ramadhan Staf Sub Substansi PDHP. Sementara itu dari Direktorat Pakan Dtjen PKH hadir Ahdan Hamid dan Prawesa Satwika.

Kegiatan dibuka oleh Kapuslitbangnak yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dalam kunjungan Direktur Pakan ke Puslitbangnak dalam rangka koordinasi rencana kerjasama. Kapuslitbangnak juga merespon secara positif terkait rencana ditjen PKH untuk menginventarisir hijauan pakan ternak lokal yang memiliki potensi untuk didaftarkan sebagai plasma nutfah Indonesia dalam mendukung kesediaan dan perbaikan ketersediaan pakan hijauan di Indonesia. Hal ini disebabkan kesulitan yang dirasakan peternak dalam pasokan hijauan segar yang berkualitas dan pakan hijauan merupakan tulang punggung sumber pakan dalam pengembangan populasi ternak Ruminansia.

Selain itu Kapuslitbangnak juga menyampaikan perlu dilakukan sinergisme antara lembaga-lembaga R.I yang menaungi hijuan pakan ternak dan produk-produknya agar dapat terdiseminasi maksimal dan termanfaatkan oleh peternak.

Sementara itu Direktur Pakan Ditjen PKH menyampaikan bahwa upaya peningkatan populasi Ruminansia di Indonesia harus bersinergi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas hijauan pakan ternak dan kesehatan hewan ternak. Sehingga untuk mencapai hal tersebut Direktorat Pakan Ditjen PKH berkolaborasi dengan Puslitbangnak berencana untuk memperbaiki kualitas mutu dan komposisi pakan yang salah satu caranya antara lain meregistrasi hijauan tanaman pakan lokal agar dapat didaftarkan dan dilepas sebagai plasma nutfah baru yang harapannya dapat mencukupi kebutuhan ternak di Indonesia.

Direktorat Pakan Ditjen PKH juga mendorong seluruh stakeholder untuk turut andil dalam mengembangkan UPT benih dan bibit yang ada di daerah-daerah dalam mendukung kegiatan tersebut. Selain itu perlu juga support berbagai penelitian terkait Hijauan pakan dari peneliti Puslitbangnak dalam pengembangannya dalam mewujudkan hijauan pakan ternak yang melimpah.

Saat ini hijauan pakan yang sudah dilepas oleh Direktorat Pakan Ditjen PKH ada 2 jenis (Stenotaphrum dan Penissetum purpureum dan akan ada 2 varietas yang akan dilepaskan (Rumpun Benggala). Peneliti lingkup UPT Puslitbangnak sudah melaksanakan penelitian terkait HPT di masing-masing lokasi dan akan dapat segera diinventarisir kembali untuk percepatan pelepasan HPT.

Setelah koordinasi akan diagendakan untuk melakukan pertemuan lanjutan atau Focus Group Discussion (FGD) untuk seluruh peneliti agrostologi Lingkup Puslitbangnak dalam menginventarisir plasma nutfah HPT dan percepatan proses pelepasan serta didapatkan solusi dalam mengatasi masalah hijauan pakan ternak di Indonesia. Perlu dibuatkan edaran ke UPT-UPT yang ada di daerah untuk dapat segera mendaftarkan hijauan pakan ternak lokal yang ada di masing-masing daerah. (REP)

Bagikan Berita ini