EnglishIndonesian

Koordinasi Persiapan Bimtek, Peresmian Pabrik Pakan Mini dan Panen Raya di Kecamatan Anyer Kabupaten Serang Provinsi Banten

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 28 Maret 2022.

Tim Puslitbangnak, Dr. Agus Susanto Kepala Puslitbangnak, Dr. Eko Handiwirawan, Koordinator PE, Dr. Andi Saenab Koordinator KSPHP, Hasanatun Hasinah Sub Koordinator KSP, Nur Rohani dan Bayu Arta Ramadhan laksanakan koordinasi persiapan kegiatan diseminasi teknologi hasil peternakan dan kegiatan panen raya pada 24-26 Maret 2022. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan di Poktan Karya Tani Desa Mekarsari Kecamatan Anyer. Tim Puslitbangnak berkoordinasi dengan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh. Suryo Kentjono beserta tim Dinas lainnya.

Tujuan kegiatan koordinasi adalah untuk diskusi dan pemantapan rencana kegiatan panen raya, peresmian pabrik pakan mini yang terletak di Desa Mekarsari sekaligus pelaksanaan Bimbingan Teknis (BIMTEK) untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan peternak yang tergabung peternak dalam Jaringan Petani Nasional (JPN) Puslitbangnak di Kabupaten Serang.

Kegiatan Bimtek akan dilaksanakan di 2 lokasi yakni di Kelompok Tani (Poktan) Karya Tani untuk komidtas domba dan Poktan Sukamaju Farm untuk komoditas Ayam KUB. Materi Bimtek yang akan disampaikan meliputi penyusunan formulasi ransum pakan unggas dan formulasi ransum ruminansia kecil.

Poktan Karya Tani telah membuat pakan konsentrat dengan komposisi pakan terdiri dari indigofera, jagung, polard, bungkil inti sawit dan gaplek. Harga jual konsentrat tersebut adalah Rp. 4.000,00/kg.

Himpunan Peternak Domba Kambing (HPDKI) saat ini telah bersinergi dan berkolaborasi dengan Dinas Pertanian. Sinergi yang dilakukan berupa pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan peternakan di Kabupaten Serang. Diantaranya pelatihan manajemen budidaya ternak dan kesehatan hewan. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 60 orang peserta yang tersebar dari berbagai kecamatan di Kabupaten Serang.

Bupati Kabupaten Serang, menyampaikan bahwa mengingat pangsa pasar jagung di Kabupaten Serang sangat besar maka penanaman jagung di masyarakat harus digalakkan. Saat ini minat petani dan masyarakat dalam penanaman jagung sudah mulai tumbuh.

Poktan Karya Tani akan melakukan perluasan lahan penanaman jagung dari luas lahan penanaman sebelumnya seluas 6 Ha menjadi + 20 Ha dan akan dilakukan integrasi antara Jagung – Ternak. (REP)

Bagikan Berita ini