EnglishIndonesian

Koordinasi dan Survey Peternak/Lokasi Calon Kegiatan Kemitraan Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Domba Balitbangtan di Kabupaten Serang

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 11 Juni 2021.

Salah satu kegiatan Puslitbangnak adalah Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Domba Balitbangtan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyebaran informasi inovasi teknologi peternakan. Sehubungan dengan hal tersebut Puslitbangnak telah melakukan survey calon peternak/lokasi kegiatan pada 24 Mei 2021 di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Survey dan koordinasi dengan Dinas setempat merupakan tahap awal kegiatan. Tim survey terdiri dari drh. Eko Kardiyanto , Ir. Umi Adiati dan Sudrajat SE.

Kegiatan koordinasi dilakukan dengan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Serang drh. Suryo Kentjono beserta staf Ahmed Murtala, S.Pt. Berdasarkan hasil koordinasi diketahui bahwa kelompok ternak terdapat di Kelompok Tani Bina Mandiri yang beralamat di Kp.Pasir, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang Kecamatan Cikeusal yang populasi ternak domba lebih dari 200 ekor. Kelompok ini pernah mendapatkan bantuan CSR dari PT.Indonesia Power pada tahun 2019 sebanyak 21 ekor dan sudah berkembang. Kelompok Tani Bina Mandiri diketuai oleh Bapak Agus Hermansyah dengan jumlah anggota sebanyak 29 orang.

Untuk memenuhi kebutuhan pakan, peternak mengambil rumput di sekitar daerah pesawahan dan daerah irigasi/sungai. Bagi peternak yang memelihara dengan cara diumbar, akan mengandangkan ternak dombanya pada saat musim tanam padi (3-4 bulan) karena rumput disekitar pesawahan biasanya disemprot dengan herbisida sehingga rentan kejadian keracunan. Selain itu Kelompok Bina Mandiri sudah mempunyai kebun hijauan rumput odot seluas 14.000 m2. Jenis pakan yang diberikan adalah rumput dan dedaunan (gamal, indigofera) dengan imbangan 80:20. (REP)

Bagikan Berita ini