EnglishIndonesian

Koordinasi dan Diskusi tentang Integrasi Sereh Wangi dan Sapi Perah, Kepala Puslitbangnak Kunjungi Kebun Percobaan Manoko

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 02 Februari 2022.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Agus Susanto dan tim Loka Penelitian Sapi Potong kunjungi Kebun Percobaan Manoko yang berlokasi di Jl. Manoko, Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka monitoring sapi yang sudah didiseminasikan pada September 2020. KP Manoko merupakan kebun percobaan yang dimiliki oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun).

Kunjungan diterima oleh Kepala Puslitbangbun Ir. Syafaruddin, Ph.D., dan tim. Kegiatan ini dalam rangka koordinasi dan diskusi terkait integrasi tanaman sereh wangi dengan ternak ruminansia khususnya Sapi Perah. Dalam sambutannya Syafaruddin menyampaikan “Terima kasih terkait penyebaran ternak di Kebun Percobaan Manoko. Hasil samping penyulingan minyak sereh wangi dapat digunakan untuk pakan ternak. Hal ini menunjukkan adanya integrasi antara ternak dengan tanaman perkebunan khususnya sereh wangi". Saat ini jumlah ternak sudah bertambah 8 ekor yang merupakan anak dari ternak sudah diberikan pada September 2020.

Dari pengamatan, terlihat ternak sangat sehat, bulunya mengkilap karena pengaruh dari sereh wangi. Pakan sereh wangi meningkatkan palatabilitas sehingga meningkatkan konsumsi pakan. Hal ini menunjukkan hasil yang optimal terkait penambahan bobot badan ternak yang diberi pakan limbah sereh wangi. Selain itu aroma limbah sereh wangi juga dapat menetralkan bau kandang ternak sehingga tidak mencemari polusi udara terhadap masyarakat sekitar.

”Integrasi antara sapi dan tanaman sereh wangi perlu dilanjutkan dan direplikasikan ke petani yang menanam sereh wangi. Hal ini akan meningkatkan populasi ternak dan pada akhirnya akan meningkatkan produksi daging“ ujar Agus Susanto. (REP)

Bagikan Berita ini