EnglishIndonesian

Kluwak Perpanjang Masa Simpan Daging

Kategori: Kini Ku Tahu Diunggah Pada: 20 Juni 2020.

Kluwak, sebuah kata yang tidak asing lagi didengar, merupakan salah satu bahan rempah pelengkap masakan rawon dari asal Jawa Timur. Selain untuk bahan masakan, kluwak ternyata dapat memperpanjang masa simpan daging.

Kandungan alami kluwak membuatnya tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh dan mengandung berbagai senyawa yang dapat memperpanjang masa simpan produk pangan hewani. Serbuk dan ekstrak biji kluwak mengandung senyawa minyak atsiri, sterol, asam lemak, flavonoid, tanin dan saponin.

Penelitian telah dilakukan untuk mengetahui level terbaik marinasi menggunakan kluwak fermentasi 40 hari pada masa simpan yang berbeda terhadap pH, kadar air, warna dan tekstur daging domba.

Penelitian dimulai dengan merendam daging domba dalam marinasi kluwak fermentasi dengan level berbeda 0%, 3%, 6% dan 9%. Kemudian disimpan dalam waktu yang berbeda yaitu 12 jam, 24 jam dan 36 jam. Bahan yang digunakan adalah kluwak yang telah difermentasi selama 40 hari kemudian diangin-anginkan dan dipanaskan selama 1-2 hari. Kemudian dikeringkan dengan menggunakan oven dan diblender sampai halus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi marinasi kluwak pada masa simpan yang berbeda berpengharuh sangat nyata terhadap warna daging dan pH daging. Namun tidak mempengaruhi kadar air dan tekstur daging domba, sehingga kualitas daging tetap dapat dipertahankan.

Penggunaan teknologi marinasi kluwak fermentasi dengan level 3-9% pada masa simpan 12 - 36 jam memberikan kualitas daging domba yang cukup baik ditinjau dari nilai pH, warna, kadar air, dan tekstur daging domba.(REP)

Bagikan Berita ini