EnglishIndonesian

Kepala Puslitbangnak Monitoring Kegiatan Kemitraan Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Domba Balitbangtan Dalam Pandemi Covid-19

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 03 September 2021.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Agus Susanto dan Koordinator KSPHP Dr. Andi Saenab telah melaksanakan Monitoring kegiatan Kemitraan Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Domba Balitbangtan dalam Pandemi Covid-19 pada
2 September 2021 di Kabupaten Serang.

Monitoring dilakukan setelah penyerahan 5 (lima) ekor domba compas Agrinak jantan pada 27 Juli 2021. Kelima Domba Compas Agrinak diserahkan oleh Puslitbangnak Sudrajat, SE dan diterima oleh Ketua Kelompok Bina Mandiri (Agus Hermansyah) disaksikan oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Serang (drh.Suryo Kentjono, drh.Hindarti dan Ahmed Murtala, SPt).

Domba diserahkan kepada kelompok Bina Mandiri di Desa Sukamaju, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang. Adapun tujuan penyebaran domba jantan tersebut adalah sebagai media diseminasi inovasi produk Badan Litbang Pertanian dan untuk memperbaiki mutu genetic domba lokal di lokasi.

Saat ini 3 ekor domba dipelihara di kandang ketua kelompok dan 2 ekor disebar ke anggota, daerah yang populasi betinanya banyak. Domba bibit ini akan dirotasi setiap 5-8 bulan. Hasil monitor saat ini 5 ekor domba compass agrinak dengan bobot 25,2 kg, 26,4 kg, 24,2 kg, 25,0 kg dan 23,2 kg.

Proses penyerahan domba ini dituangkan dalam berita acara serah terima (BAST) tertanggal 27 Juli 2021 yang ditandatangani oleh Ir. Narta,MSi (Pihak Pertama yang menyerahkan) dan Agus Hermansyah (Pihak Kedua yang menerima, selaku Ketua Kelompok Bina Mandiri) serta diketahui oleh Dr. Agus Susanto (Kepala Puslitbangnak) dan Zaldi Dhuhana, MT (Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang).(REP)

Bagikan Berita ini