EnglishIndonesian

Kepala Puslitbangnak membuka Bimtek Pengembangan Domba Unggul Balitbangtan Berbasis Jagung di Kecamatan Anyer Kabupaten Serang Provinsi Banten

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 29 September 2021.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Petetrnakan (Puslitbangnak), Dr Agus Susanto membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Domba Unggul Balitbangtan Berbasis Jagung yang dilaksanakan pada hari Minggu-Selasa, 26 – 28 September 2021 di Kecamatan Anyer Kabupaten Serang Provinsi Banten. Dalam sambutannya Dr. Agus Susanto menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan RPIK ini dapat menjadikan Kabupaten Serang menjadi sumber atau sentra pengembangan ternak domba dan jagung. Bimtek diikuti dengan penyerahan secara simbolis sarana pelaksanaan kegiatan kepada TB Bahrul Ilmi selaku Ketua Kelompok Karya Tani.

Tim Puslitbangnak yang hadir dalam kegiatan ini adalah Drh. Eko Kardiyanto, sedangkan Tim dari Balitnak hadir Ir. Dwi Priyanto, MS, Agustin Herliatika, S.Pt., M.Si. dan M Yusuf. Agenda kegiatan kali ini adalah Bimtek budidaya domba dan jagung dan Pelatihan pembuatan pupuk.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Anyer. Kegiatan ini dilakukan dengan 2 tahapan, yakni Bimtek untuk 30 orang Peternak domba yang dilakukan pada 09.00-12.00. Kemudian dilanjutkan dan Bimtek untuk 25 orang Petani Jagung yang dilakukan pada 13.00-16.00.

Kegiatan bimtek untuk peternak domba disampaikan oleh 3 pemapar, yakni Ir. Dwi Priyanto yang menjelaskan peluang dan strategi usaha peternakan pola agribisnis, Dr. Dwi Yulistiani yang menjelaskan budidaya domba dan Dr. drh. Dyah Haryuningtyas Sawitri yang menjelaskan terkait kesehatan hewan.

Sedangkan kegiatan Bimtek untuk petani jagung disampaikan oleh 2 pemapar, yakni Pepi yang menjelaskan terkait budidaya jagung dan Dr. Viktor Siagian yang menjelaskan sosial ekonomi dan agribisnis jagung.

Kegiatan pelatihan pembuatan pupuk didampingi oleh Tim BBSDLP berlokasi di Desa Anyer. Kegiatan ini memanfaatkan kotoran domba sebagai bahan utama pembuatan pupuk

Kegiatan ini dihadiri oleh peternak dan petani yang akan terlibat dalam usaha pengembangan domba unggul Balitbangtan berbasis jagung, perwakilan Kepala Desa Anyer, tim besar RPIK Banten dan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Serang beserta Tim (REP/EK)

Bagikan Berita ini