EnglishIndonesian

Kementan Berdayakan Wanita Indonesia Untuk Tingkatkan Produksi Cabe

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 30 November 2016.

Bertempat di Lapangan tembak Kostrad Cilodong Depok telah dilaksanakan Pencanangan GERTAM CABE, Gerakan Nasional Penanaman Cabai. 50 juta pohon cabai di pekarangan pada tanggal 22 November 2016 oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman. Dalam sambutannya Mentan Luas pekarangan di tiap rumah-rumah keluarga Indonesia ditaksir sebesar 10 juta hektar yang jika ditanami 20% pohon cabai, permasalahan kekurangan cabai akan terselesaikan. Kegiatan ini dilakukan melalui pemberdayaan wanita untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga. Sehingga nantinya ibu-ibu tidak perlu beli cabe bahkan akan dapat membantu meningkatkan produksi cabai nasional yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar dalam sambutannya menyampaikan menyambut baik program GERTAM Cabai yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian sebagai salah satu strategi peningkatan produksi cabai nasional. Cabai merupakan komoditas sayuran yang cukup strategis, berdasarkan hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) konsumsi cabai di Indonesia per kapita per tahun relatif stabil dengan laju pertumbuhan rata-rata 0,87% Jawa Barat merupakan salah satu sentra produksi cabai di Indonesia dengan nilai kontribusi 22,54% (terbesar secara nasional). Berdasarkan angka tetap hortikultura 2014, Kabupaten Garut merupakan sentra produksi cabai terbesar di Jawa Barat dengan jumlah produksi 34,74%, diikuti Kabupaten Cianjur (25,96%), Kabupaten Tasikmalaya (7,55%) dan Kabupaten Bandung (6,48%). Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong produksi cabai di tiap kabupaten/kota.

Walikota Depok Dr. M Idris Abdul Shomad MA dalam sambutan menyampaikan Kota Depok menjadi salah satu tempat strategis dalam mewujudkan program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah pusat. Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu program yang sangat strategis untuk meningkatkan ketahanan pangan khususnya program-program pertanian di perkotaan, dimana lahan pertanian sangat terbatas. Sedangkan Ketua Umum Tim Penggerak PKK menyampaikan bahwa PKK sudah punya program HATINYA (halaman asri teratur indah nyaman) dan siap mendukung kegiatan Gertam cabe.

Kegiatan GERTAM Cabai dihadiri oleh Menteri Pertanian, Wakil Gubernur Jawa Barat, Kepala Kostrad Cilodong, Panglima Divisi I Kostrad Cilodong, Ketua Umum PB PKK, unsur Korpopinda Kota Depok, Kepala Lembaga Instansi Kota Depok, Para Pejabat Sipil TNI/POLRI, Jajaran Penjabat Kota Depok, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Pelajar SD, SMP dan SMA Kota Depok. Total peserta dalam kegiatan ini sekitar 10.000 yang didominasi oleh pelajar SD, SMP dan SMA Kota Depok. Sebanyak 10.000 sachet benih dan pohon cabai dibagikan kepada seluruh peserta dalam kegitan ini.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menampilkan produk cabai unggulan Balitbangtan. Selain itu, terdapat pula pasar murah yang digelar dalam kegiatan ini. (REP)

Bagikan Berita ini