EnglishIndonesian

Kapuslitbangnak Resmikan Pabrik Pakan Mini di Kab. Serang, Banten

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 31 Maret 2022.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana, SP. MPP.MT meresmikan Pabrik Pakan Mini yang dikelola Poktan Karya Tani di Kecamatan Anyar, Kab. Serang, Banten pada Kamis, 31 Maret 2022. Pabrik Pakan Mini yang terdiri dari chopper, hammer mill, dan mixer dengan bahan baku jagung ini, merupakan hasil dari kegiatan RPIK Banten.

Kapuslitbangnak dalam sambutannya menyatakan pabrik mini dimaksudkan untuk mendukung perkembangan peternakan, khususnya di Kab. Serang. Kapuslitbangnak pun berpesan agar Poktan Karya Tani memelihara pabrik mini tersebut agar tidak mangkrak. “Harapan kami, APBN itu harus terpakai nyata, jangan sampai mangkrak, ketika barang digunakan baru sebentar dipakai sudah rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Kadistan Kab. Serang berharap semua ilmu yang didapatkan dari kegiatan RPIK Banten, seperti pengembangan Pabrik Pakan Mini, dapat dikembangkan dan dilaksanakan lebih lanjut di Kab. Serang, diawali dari Kec. Anyar melalui Poktan Karya Tani.

Kadistan juga mendorong organisasi dan pengusaha ternak seperti HPDKI untuk membeli pakan yang dihasilkan dari Pabik Pakan Mini tersebut, tidak hanya dari Kab. Serang tapi juga se-provinsi Banten. “(Distan) kemarin sudah beli pakan dari pabrik pakan mini ini kurang lebih 5 ton. Kita mengembangkan disini jadi harus menjadi konsumen yang pertama. Kami pun mendorong HPDKI dan yang lain utnutk membeli pakan dari sini,” harapnya.

Selain peresmian Pabrik Pakan Mini tersebut, dilakukan pula panen jagung sebagai bahan pakan ternak. Panen jagung seluas 3 hektar tersebut dilakukan oleh Kapuslitbangnak bersama Kadistan Kab. Serang, Kepala Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Kepala BPTP Banten, dan Muspida setempat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Bimtek Teknologi Budidaya, Prosesing dan Formulasi Pakan Berbasis Indigofera sebagai sumber bahan pakan ternak ruminansia yang dibawakan oleh peneliti Loka Penelitian Kambing Potong Dr. Andi Tarigan, S.Pt. M.Si. dan Sosialisasi Jaringan Pertanian Nasional (JPN) dengan narasumber Pranata Humas Ahli Muda Puslitbangnak Nandi Hendriana, ST. M.Kom. Bimtek yang dihadiri oleh 50 orang peserta tersebut dilaksanakan di Sekretariat Poktan Karya Tani. (NH)

Bagikan Berita ini