EnglishIndonesian

Kapuslitbangnak Membuka Bimbingan Teknis Budidaya Ternak Domba di Serang

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 01 April 2022.

Kapuslitbangnak Dr. Agus Susanto membuka secara resmi bimbingan teknis (bimtek) budidaya ternak domba/kambing di Serang pada 31 Maret 2022. Dalam sambutannya Agus Susanto menyampaikan "Semoga kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan anggota Jaringan Petani Naisonal (JPN) yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan peternak". Bimtek menampilkan 2 narasumber yaitu Dr. Andi Tarigan dan Nandi Hendriana, S.T., M.Kom.

Disampaikan oleh Tarigan bahwa pakan merupakan salah satu komponen input yang sangat menentukan keberhasilan usaha secara finansial (70- 75%). Perlu pemilihan bahan pakan yang tidak bersaing dengan dengan kebutuhan jenis ternak lain (monogastrik) dan penggunaan bahan pakan impor cenderung meningkat harganya sehingga perlu perbaikan dalam pengolahan bahan pakan lokal agar ketersediaan, kualitas dan harganya terjamin

Selain itu Tarigan juga menyampaikan : Konsentrat merupakan pakan yang berasal dari campuran atau bahan baku tunggal padat nutrisi yang mengandung serat kasar kurang dari 18% . Pakan konsentrat mengandung zat gizi tinggi (protein, lemak, vitamin dan mineral) dan energi dalam konsentrasi tinggi dan seimbang per satuan berat badan.

Hendriana menyampaikan JPN sebagai wadah untuk meningkatkan kinerja pertanian, saling bantu, dan menjadi pintu membuka wawasan. “JPN adalah mata, telinga dan mulut pemerintah untuk mengakselerasi pembangunan pertanian, mengkomunikasikan persoalan-persoalan masyarakat di tengah masyarakat untuk dikomunikasikan kepada pemerintah” tegas Menteri Pertanian dalam acara Pelantikan JPN di Cipanas September 2021 yang lalu.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Dr. Suryo Kencono menyampaikan Pemerintah Daerah Serang melalui Dinas Pertanian mendukung kegiatan ini. Terlihat dari dinas sudah membeli dan memakai pakan produksi dari Kelompok Tani Karya Tani. Adanya kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Puslitbangnak di Kabupaten Serang telah terjalin hubungan dekat antara dinas Pertanian dengan HPDKI.

Kegiatan bimtek ini selain dihadiri oleh anggota JPN juga dihadiri oleh Kabid peternakan dari dinas pertanian, kepala BPTP Banten, dan penyuluh (REP)

Bagikan Berita ini