EnglishIndonesian

Kapuslitbangnak kunjungi Kelompok Ternak Setia Hati

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 16 Desember 2016.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Bess Tiesnamurti dan Tim yang terdiri dari Dr. Lisa Praharani Peneliti Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Andi Suhandi (Teknisi Balitnak) dan Rahmad Quanta S.Pt (Staf Puslitbangnak) melaksanakan Evaluasi Produksi Susu Kambing perah di Kelompok Ternak Setia Hati pada tanggal 10 Desember 2016. Kelompok ternak ini berlokasi di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedung Tataan, Kabupaten Pesawara Provinsi Lampung.

Kelompok Ternak Setia Hati merupakan kelompok usaha kambing perah yang memanfaatkan limbah kulit kakao sebagai pakan utama ternak yang dipelihara.  Tersedianya perkebunan kakao di Desa Sungai Langka menjadi komoditas penting dalam menunjang keberlangsungan usaha peternakan kambing perah di Kelompok Setia Hati.  Para peternak menjual susu kambing yang diproduksi dengan haraga Rp. 25.000 pada tingkat konsumen.

Dengan total populasi ternak kambing lebih dari 2.000 ekor, pada dasarnya potensi usaha ternak kambing perah terbuka sangat luas.  Umumnya, setiap rumah tangga petani memiliki usaha ternak kambing perah.  Akan tetapi, sulitnya menembus pasar susu kambing, menjadi faktor penghambat dalam pengembangan usaha kambing perah di Desa Sungai Langka.  Hal tersebut berakibat para peternak lebih memilih untuk memfokuskan usahanya pada bidang perbibitan.
Pengurasan bibit yang memiliki tingkat produktivitas yang baik tanpa dimonitoring diakui oleh ketua Kelompok Ternak Setia Hati dapat memberikan dampak negatif terhadap populasi bibit unggul di Kelompok tersebut. Sebagai solusi Dr. Bess Tiesnamurti dan Dr. Lisa Praharani, menyarankan kelompok ternak Setia Hati harus melakukan perubahan manajemen terutama manajemen pemasaran. (REP/RQ)

Bagikan Berita ini