EnglishIndonesian

Kapuslitbangnak Kunjungi Kebun Percobaan Manoko Persiapan Pembangunan Integrated Farming Sereh Wangi - Sapi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 10 Maret 2022.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Agus Susanto dan drh Imas Sri Nurhayati melakukan kunjungan lapang ke Kebun Percobaan Manoko Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat pada 9 Maret 2022. Ini merupakan tindaklanjut rapat koordinasi rencana pembangunan kegiatan Integrated Farming berbasis komoditas sereh wangi tanggal 8 Maret 2022 di Ruang Rapat Ditjen Perkebunan,

Kunjungan lapang bertujuan untuk pendalaman pengembangan komoditas sereh wangi yang terintegrasi. Kebun Percobaan Manoko adalah lokasi percontohan Integrated Farming berbasis sereh wangi. Kegiatan ini diikuti oleh tim yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Biro Perencanaan, Ditjen Perkebunan, Puslitbangbun, Puslitbangnak, Balitro, Balitnak, dan BBSDLP.

Program Integrated Farming direncanakan pada luasan 30 ha dengan konsep modern yang ideal sebagai suatu percontohan. Diharapkan dapat dikembangkan pada skala yang lebih besar. Selain persiapan lahan, jenis ternak yang akan diintegrasikan harus memiliki keunggulan agar dapat memberikan nilai tambah. Jenis ternak yang akan dikembangkan akan disesuaikan dengan lokasi atau pada kondisi fisiologis tertentu misalnya ternak bakalan untuk dipelihara dalam kurun waktu tertentu sehingga lebih cepat dipanen. Balitbangtan punya pengalaman cukup lama dalam mengimplementasikan sistem integrasi tanaman ternak.

Di Kebun Percobaan Manoko telah dikembangkan percontohan Integrated Farming yang mengintegrasikan hasil samping sereh wangi dengan ternak sapi perah yang didatangkan dari Balai Penelitian Ternak sebanyak 18 ekor. Dua belas ekor diantaranya telah beranak dengan produksi susu rata-rata 18-20 liter per ekor per hari. Ternak diberi pakan konsentrat dan hasil samping proses penyulingan sereh wangi.

Hasil samping penyulingan sereh wangi memiliki tekstur lembut dan memiliki aroma wangi sehingga memiliki palatabilitas yang sangat baik. Kondisi ternak yang ada, selain memiliki produksi susu yang baik juga memiliki Body Condition Scoring (BCS) yang sangat baik. Sehingga sereh wangi merupakan salah satu alternatif sumber pakan yang dapat diintegrasikan dengan ternak.

Selain mengunjungi Kebun Percobaan di Manoko, survey lapang juga dilakukan ke daerah Margasari, Kecamatan Dawuan dan Kebun Percobaan Balitnak yang berlokasi di daerah Parung, Kecamatan Subang dan Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. (REP/ISN)

Bagikan Berita ini