EnglishIndonesian

Kapuslitbangnak: Jadilah PNS yang Berkompetensi, Berkomitmen, Disiplin, serta Melayani dengan Utuh

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 01 Maret 2022.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. menyatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) haruslah memiliki kompetensi yang unggul, komitmen yang tinggi, disiplin yang kuat dan memberikan pelayanan yang utuh, selain menjadi contoh di tengah masyarakat. Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan arahan kepada CPNS lingkup Puslitbangnak dalam kegiatan Orientasi dan Pengenalan CPNS Formasi Tahun 2021 Lingkup Puslitbangnak, Selasa 1 Maret 2022.

Pertemuan yang dilaksanakan secara daring dan luring (hybrid) tersebut dipusatkan di Aula Puslitbangnak, dan diikuti oleh CPNS lingkup Puslitbangnak di Cimanggu-Bogor, Ciawi-Kab. Bogor, , Grati-Jawa Timur, dan Sei Putih-Sumatera Utara. Selain itu hadir pula para Kepala UPT dan Kepala Tata Usaha lingkup Puslitbangnak, Koordinator dan Sub Koordinator Puslitbangnak, serta peneliti senior.

Lebih lanjut Kapuslitbangnak mengungkapkan rasa syukurnya atas diterimanya calon PNS di lingkungan Kementerian Pertanian, utamanya di lingkup Puslitbangnak. “Anda adalah orang-orang yang terpilih dari sekian puluh ribu orang yang mendaftar CPNS di Kementerian Pertanian,” ungkap pria asal Yogyakarta tersebut.

Selain itu, Kapuslitbangnak juga menekankan agar calon PNS dapat hidup sederhana dan menjadi suri tauladan bagi masyakarat. “Sebagai PNS, kita harus hidup sederhana, jangan neko-neko, dan menjadi suri tauladan/contoh di tengah-tengah masyarakat karena kita melayani rakyat, bangsa dan negara. Dan untuk menjadi itu semua kita harus displin,” ajaknya.

Sejalan dengan arahan Kapuslitbangnak tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbangnak Ir. Narta, MS menyampaikan beberapa poin penting terkait disiplin pegawai sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. “Hal pertama yang perlu diketahui oleh CPNS adalah peraturan-peraturan terkait dengan PNS, salah satunya PP No. 94/2021 tersebut. Pelajari itu semua,” tegasnya.

Sebelumnya, para CPNS tersebut mengikuti Pembekalan dan Orientasi CPNS Kementan Formasi Tahun 2021 yang digelar secara langsung di Auditorium Kementan dan secara daring melalui zoom meeting oleh CPNS penempatan di satuan kerja Kementan di seluruh Indonesia. Pembekalan diberikan langsung oleh Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo.

Dalam amanatnya, Mentan meminta agar para CPNS yang baru dapat membangun harmoni dan menjadi CPNS yang baik. Lima kunci menjadi CPNS yang baik diungkapkan oleh Mentan, yaitu, kuasai tugas dan fungsi CPNS; tumbuhkan target diri dan harapan dari unit yang ditempati; pimpin diri dalam bekerja dan taat pada pimpinan. Dua hal lainnya adalah belajar terus menerus sepanjang waktu serta tegakkan disiplin.

Pada tahun 2022 ini, pegawai yang diterima di lingkup Puslitbangnak sebanyak 31 orang CPNS. Puslitbangnak mendapatkan enam orang CPNS; Balai Besar Penelitian Veteriner (BB Litvet) mendapatkan 11 orang CPNS; Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi sebanyak 4 orang CPNS; sementara Loka Penelitian (Lolit) Sapi Potong Grati dan Lolit Kambing Potong Sei Putih masing-masing mendapat lima orang CPNS. Para CPNS tersebut nantinya akan menduduki jabatan fungsional peneliti, teknisi litkayasa, pranata komputer, pengelola kebun percobaan, pengelola keuangan dan administrasi lainnya di satker penempatannya. (nha)

Bagikan Berita ini