EnglishIndonesian

Kapuslitbangnak Buka Workshop on Institutional Strengthening For Mitigating Livestock Methane Emission in Indonesia

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 01 Maret 2021.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. menyampaikan sambutannya dalam Workshop on Institutional Strengthening for Mitigating Livestock Methane Emission in Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 26 Februari 2021 secara virtual. Kegiatan workshop ini diinisiasi oleh Pusat Penelitian Gas Rumah Kaca Pertanian Selandia Baru (NZAGRC).

Pelaksanaan workshop ini bertujuan untuk menyampaikan kemajuan hasil kegiatan kepada Selandia Baru sebagai penyandang dana kerja sama penelitian emisi gas rumah kaca. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Indonesia dalam mengembangkan pengukuran metana peternakan dan gas rumah kaca (GRK) lainnya secara umum.

“Proyek ini telah dijalankan sejak Mei 2018, bekerjasama dengan banyak institusi seperti Puslitbangnak, Balitnak, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Aliansi Riset Global tentang Gas Rumah Kaca Pertanian (GRA) dan Kementerian Industri Primer, Selandia Baru. Dengan adanya kerja sama internasional dapat berbagi pengetahuan dan saling melengkapi satu sama lain, sehingga dapat bekerja sama dalam mengatasi tantangan emisi GRK,” ungkap Dr. Agus.

Seperti diketahui, peternakan merupakan sumber emisi GRK yang signifikan di seluruh dunia. Kontribusi GRK ternak meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan peningkatan populasi ternak. Terkait inventarisasi dan penghitungan GRK, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah menginisiasi pengembangan metode Tier-2 penghitungan GRK tahun 2016 untuk merumuskan faktor emisi untuk setiap subkategori ternak. (REP)

Bagikan Berita ini