EnglishIndonesian

Jokowi Apresiasi Pengembangan Benih Unggul Kementan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 13 Juli 2022.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan, Selasa 12 Juli 2022 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Subang, Jawa Barat. Agenda kunjungan Presiden di Kabupaten Subang adalah menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). 

Selanjutnya, Jokowi beranjak menuju Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) untuk melakukan sejumlah kegiatan. Salah satunya, meninjau koleksi dan konservasi plasma nutfah tanaman padi. Jokowi juga meninjau unit produksi benih sumber padi hingga meninjau varietas padi dan produk inovasi Kementerian Pertanian. Jokowi juga melakukan kegiatan tanam padi serta berdialog dengan perwakilan petani.

"Saya datang ke Balai Padi dari Kementerian Pertanian dalam rangka untuk memastikan ketersediaan pangan kita, utamanya beras karena memang di balai ini benih-benih varietas unggul itu disiapkan. Saya yakin karena sudah 3 tahun ini tidak impor beras. Saya yakin kita akan segera swasembada bera ssegera kita capai." ujar Jokowi.

Selanjutnya beliau menyampaikan  saat ini dunia sedang mengalami kekurangan pangan. Oleh sebab itu, dia meminta semua pihak agar waspada. Dan memastikan agar ketersediaan pangan Indonesia berada pada kondisi yang aman,  Presiden menekankan bahwa benih memiliki peranan yang sangat penting dalam menaikkan produksi beras nasional di setiap hektarnya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Dalam kesempatan kunjungan Presiden ke  Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Kementan juga melaksanakan pameran. Puslitbangnak yang tergabung dengan UK lingkup Kementan dalam stand Kementan, menamplkan inovasi teknologi berupa publikasi (leaflet) dan produk pakan aditif ternak. Leaflet yang ditampilkan antar lain ayam KUB, Ayam Sensi, itik PMP, Sapi Pogasi, Kambing Peranakan etawah, Kambing Boerka dll. Sedangkan berupa produk-produk peternakan adalah telor ayam KUB, telor itik PMp, dan susu kambing, (BAR/REP)

Bagikan Berita ini