EnglishIndonesian

 ITIK PMp, Bibit Itik Tipe Pedaging

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 18 Juli 2017.

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat, Balai Penelitian Ternak telah mengembangkan Itik PMp yang merupakan bibit itik tipe pedaging baru. Bibit itik ini secara genetik mengandung kombinasi darah itik Peking dan itik Mojosari putih. Itik ini diharapkan dapat menjadi ternak skala komersial maupun peternakan lokal. Itik ini dapat digunakan untuk menghasilkan karkas ukuran sedang ataupun besar, sesuai permintaan konsumen, dengan kualitas daging itik yang baik.

Adanya bibit itik yang baru ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan itik tipe petelur dalam penyediaan daging itik yang dapat berakibat pada terjadinya pengurasan sumberdaya genetik itik petelur. Selain itu, dalam upaya memenuhi kebutuhan daging itik, adanya itik PMp ini juga merupakan substitusi daging itik impor.
Karakteristik kualitatif itik PMp, pola warna tubuh umumnya berwarna putih seperti itik Mojosari putih sehingga warna kulit karkas juga bersih dan cerah. Itik PMp  mempunyai keunggulan: Bobot badan dewasa 2 - 2,5 kg. Itik PMp , dapat dipelihara dengan cara intensif dan semi intensif. Umur pertama bertelur: 5,5 – 6 bulan dengan produksi telur 73-78%.

Bagikan Berita ini