EnglishIndonesian

Indigofera: Tanaman pakan berkualitas tinggi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 25 Januari 2017.

Hijauan pakan masih merupakan komponen utama dalam sistem pakan pada ternak ruminansia dan pada sebagian besar agro-ekosistem di Indonesia masih merupakan sumber pakan yang relatif murah. Namun demikian, ketersediaan hijauan pakan cukup berfluktuasi, terutama akibat pengaruh curah hujan. Kuantitas dan kualitasnya akan menurun pada musim kemarau. Untuk itu, diperlukan ketersediaan tanaman pakan yang memiliki kualitas nutrisi tinggi dan mampu tumbuh sepanjang tahun.


Penelitian tentang potensi Indigofera spp. sebagai salah satu jenis hijauan pakan ternak telah dilakukan oleh berbagai institusi. Hasil penelitian mengindikasi bahwa Indigofera spp. memiliki potensi yang tinggi sebagai sumber pakan berkualitas tinggi dan mampu beradaptasi terhadap kekeringan. Indigofera merupakan tanaman leguminosa yang sangat potensial sebagai sumber hijauan pakan dan mudah dikembangkan melalui benih. Kualitas nutrisi tanaman indigofera tercermin dari komposisi kimiawi, kecernaan dan konsumsi tergolong tinggi, sehingga dapat menjadi sumber protein yang murah  dan selalu tersedia.


Sedikitnya ada 700 spesies indigofera yang telah teridentifikasi. Ada sekitar 20 spesias yang telah dipelajari untuk tanaman pakan. Penggunaan tanaman ini membutuhkan suplementasi mineral terutama P dan Ca untuk mencapai rasio Ca/P yang optimal di dalam ransum. Pemanfaatan protein yang tinggi di dalam indigofera perlu dipadu-padankan dengan pemberian bahan pakan dengan kandungan karbohidrat mudah larut yang tinggi. (LY)

Bagikan Berita ini