EnglishIndonesian

Hasan Aminuddin : Bimtek Budidaya Ternak Upaya Lahirkan Enterpreuner Muda Handal Berkualitas

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 21 Mei 2021.

Komisi IV DPR RI bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) selaku mitra kerja berupaya melahirkan enterpreuner muda yang handal dan berkualitas. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si saat memberikan sambutan pembukaan penyelenggaraan Bimbingan Teknis Budidaya Ternak di Aula Unit Pelaksana Teknis Dinas Inseminasi Buatan (UPTD – IB) Kec, Dringo, Kabupaten Proboliggo, Jumat 21 Mei 2021.

“Pimpinan Komisi IV selaku wakil rakyat bersama Puslitbangnak Balitbangtan selaku mitra kerja melalui bimbingan teknis budidaya ternak ini berupaya melahirkan entrepreuner- entrepreuner muda yang handal dengan sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengelola dan mengembangkan produktivitas ternaknya,” jelas Hasan Aminudin. 

Legislator kelahiran Probolinggo ini pun menyatakan bahwa bimtek merupakan sebuah peluang yang baik bagi para peternak sebagai kunci sukses meningkatkan populasi ternak sekaligus produktivitas ternak yang berkualitas. “Dengan hasil ternak yang lebih berkembang dan berkualitas tentunya akan mempengaruhi kondisi usaha serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya

Pada kesempatan yang sama Kepala Puslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. menyatakan harapannya para peternak di Kabupaten Probolinggo mampu menerapkan pengetahuan-pengetahuan yang didapat dari bimtek budidaya ternak ini. “ Saya berharap upaya peningkatan produktivitas ternak di Kab. Probolinggo ini nantinya tidak berhenti begitu bimtek selesai, para peternak Probolinggo harus mampu menerapkan pengetahuan-pengetahuan bimbingan teknis budidaya ternak yang output akhirnya nanti memiliki produktivitas ternak yang berkembang dan berkualitas,” harapnya. Agus juga menyampaikan Puslitbangnak akan terus mengawal hasil peternakan khususnya di Kabupaten Probolinggo hingga menjadi peternak yang sukses.

Sedangkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo Yahyadi, SP. M.MA menyampaikan kegiatan bimtek ini sebagai poin penting untuk menambah pengetahuan khususnya meningkatkan SDM peternakan maupun para petugas terkait dalam hal budidaya ternak sapi, domba dan ayam di Kabupaten Probolinggo. “Hasil sinergitas dalam program bimbingan teknis dapat mencetak para peternak yang cerdas menghadapi pasar global yang menentukan hasil produktivitasnya,” ungkapnya. 

Hadir pula saat pembukaan Bimtek Budidaya Ternak tersebut antara lain Kepala Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapi) drh. Dicky M. Dikman, M.Phil., Komandan Rayon Militer Dringu Kapt. (Kav) Djoko Samakta, beberapa anggota DPRD Kab. Probolinggo,dan unsur tokoh masyarakat.

Adapun peserta Bimtek Budidaya Ternak ini adalah perwakilan para peternak kambing domba serta sapi tiap-tiap desa di wilayah Kecamatan Dringu. Sementara narasumber yang memberikan materi pada bimtek tersebut adalah Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. (peneliti sapi), Ir. Dwi Priyanto, MS (peneliti domba), dan Komarudin, S.Pt. M.Sc. (peneliti ayam kampung). Bimtek serupa juga akan dilaksanakan di Kecamatan Leces dan Wonomerto. (NH)

Bagikan Berita ini