EnglishIndonesian

Harus Cepat Merespons Berita Negatif

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 16 Februari 2017.

Belitung (14/2/2017): Merespons berita-berita negatif tentang pertanian yang kerap muncul di berbagai media mainstream dan juga daring, menjadi tantangan bagi aparat Kementerian Pertanian khususnya Badan Litbang Pertanian. Caranya adalah dengan memberi info terkini tentang teknologi pertanian dan hasil-hasil lainnya. “Kalau dianalogikan, penyuluh dan peneliti adalah juru masak maka Balitbangtan adalah bagian pemasarannya” ujar Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian Dr. Muhammad Prama Yufdy ketika membuka Workshop “Menulis Artikel di Media Online untuk Mendukung Diseminasi Inovasi Pertanian”, di Hotel Lor In, Belitung, Selasa (14/2). Prama Yufdi meminta peserta agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dengan menyerap ilmu yang disampaikan narasumber sebanyak-banyaknya. “Training seperti ini perlu dilaksanakan dengan mengundang seluruh satker (satuan kerja) karena bagaimana pun mereka adalah ujung tombak Balitbangtan''. Sambutan selamat datang disampaikan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bangka Belitung (Babel) Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, menyampaikan ucapan selamat datang di negeri laskar pelangi. Harapan beliau, apa yang sudah ditargetkan dalam acara pendidikan dan pelatihan menulis ini dapat tercapai secara maksimal.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah tim dari Harian Media Indonesia seperti Direktur Pemberitaan Usman Kansong yang menyampaikan materi “Teknik Penulisan Berita, Jenis Tulisan (Siaran Pers, Feature, Opini)”. Kemudian pemateri kedua disampaian Kepala Divisi Artistik dan Foto Hariyanto dengan judul “Foto Jurnalistik di Era Digital, Nilai Foto di Media Online dan Info Grafis”. Berikutnya Redaktur Pelaksana Metro TV news.com Khudori memaparkan topik “Menulis dengan Data yang Tersedia Tanpa Turun ke Lapangan”. Sedangkan paparan terakhir dilakukan Redaktur Opini Eko Suprihatno. Teknik liputan dan penulisan feature dilakukan setelah melakukan kunjungan ke kebun percobaan di kawasan Belitung Timur. 20 peserta dari UPT lingkup Balitbangtan sangat antusias melakukan liputan layaknya jurnalis profesional dengan bimbingan Eko Suprihatno. Hujan yang turun sejak keberangkatan hingga kembali ke penginapan, tak menyurutkan langkah mereka. Pada malam harinya langsung membuat tulisan hasil kunjungan tersebut untuk dievaluasi keesokan harinya.

Workshop ini diikuti 20 orang anggota Tim Website Balitbangtan yang berasal dari UPT lingkup Balitbangtan, dimana Puslitbangnak dihadiri oleh  Rahmawati Elvianora Pul. (REP)

Bagikan Berita ini