EnglishIndonesian

Halal Bil Halal Puslitbangnak, Kapuslitbangnak : Kita Tiru Metamorfosis Kupu-kupu

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 17 Mei 2021.

Hari pertama kembali masuk bekerja, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) menggelar acara Halal bil Halal pada 17 Mei 2021. Acara yang digelar secara daring melalui zoom tersebut diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Puslitbangnak, seperti Balai Penelitian Ternak Ciawi, Loka Penelitian Sapi Potog Grati, dan Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Puslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. mengajak pegawai lingkup Puslitbangnak untuk meniru puasanya kupu-kupu dalam menyikapi berakhirnya bulan suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah. Disampaikannya, metamorfosis kupu-kupu diawali dari telur, lalu dalam ‘puasanya’ berubah menjadi larva, berganti bulu dan kulit beberapa kali, lalu menjadi kepompong dan akhirnya berubah menjadi kupu-kupu yang indah.

“Jadikan puasa kita merupakan puasa yang membuat metamorfosis, membuat transformasi, membuat perubahan pada diri kita, baik lahirnya yang menjadi semakin sehat, juga batinnya semakin indah, bahagia, tenteram, tidak emosional, tidak iri dengki, dan lebih peduli pada orang lain. Perumpanaan puasa kita seperti puasa kupu-kupu itu insya Allah menjadikan kita orang-orang yang bertaqwa, mampu menjalani perintahNYA dan menjauhi segala laranganNYA,” jelasnya.

Sementara itu dalam tausyiah singkatnya, Prof. Dr. Ir. Ismeth Inounu, MS menyampaikan bahwa target hasil akhir puasa Ramadhan adalah mendapatkan ketaqwaan. “Bulan Ramadhan itu sebenarnya tidaklah meninggalkan kita, jika kita dapat terus mengimplementasikan apa yang sudah dikerjakan (ibadah) di bulan Ramadhan pada 11 bulan berikutnya,” jelasnya.

Selain itu Prof. Ismeth juga mengajak seluruh pegawai Puslitbangnak untuk saling mengingatkan dan mengajak kepada kebaikan dan beribadah, sehingga dalam bekerja dapat diberi kemudahan, kelancaran dan keberkahan. “Jika kita saling mengingatkan untuk beribadah, insya Allah akan diberikan barokah, kemudahan dan kelancaran dalam bekerja. Karena bekerja itu gangguan dan rintangannya banyak, bebannya banyak, banyak yang stres dan gampang marah. Dengan saling mengingatkan beribadah Insya Allah sesama teman, anak buah ke atasan begitu juga sebaliknya akan menjadi lebih harmonis,” ajaknya.

Dalam Halal bil Halal daring ini masing-masing perwakilan UPT, kelompok substansi dan kelompok peneliti menyampaikan ucapan dan pesan Idul Fitri. (NH)

Bagikan Berita ini