EnglishIndonesian

FGD Domba Komposit di Sei Putih-Sumut

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 15 Desember 2016.

FGD (Focus Group Discussion) Analisis Ekonomik Inovasi Domba Komposit  di  Sei Putih-Sumut berlangsung di Aula Loka Penelitian Kambing Potong (Lolitkambing) pada tanggal 23 November 2016. Acara diawali oleh sambutan selamat datang oleh Kepala Lolitkambing Dr. Simon Elieser dan arahan dari Kepala Puslitbangnak Dr. Bess Tiesnamurti.

Kepala Puslitbangnak Dr. Bess Tiesnamurti dalam arahannya menyampaikan bahwa FGD dilaksanakan agar tim Puslitbangnak bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan Domba Komposit di Sei Putih. Saran dari peternak dibutuhkan untuk penyempurnaan pengembangan Domba Komposit. Menurut Kepala Puslitbangnak, FGD serupa juga telah dilaksanakan untuk Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Oleh karenanya, masukan dan saran dari peternak sangat diharapkan oleh tim peneliti Puslitbangnak untuk pengempurnaan pengembangan Domba Komposit Sei Putih.

Narasumber dalam FGD ini adalah para pelaku usaha Domba Komposit di Sei Putih, yaitu Linus Tarigan, M. Bobby Irawan, dan Nurmansyah. Acara dipandu oleh Prof (R) Dr. Sjamsul Bahri. Linus Tarigan dalam paparannya menyampaikan bahwa Domba Komposit  yang dipelihara digembalakan di kawasan perkebunan, sehingga sebagian besar kebutuhan pakan berasal dari biomassa perkebunan. Nurmansyah memelihara Domba Komposit dengan cara dikandangkan.   

Tim Puslitbangnak Prof (R) Dr. Sjamsul Bahri, Prof (R) Dr. Ismeth Inounu, Dr. Atien Priyanti, Dr. Endang Romjali, M. Ikhsan Shiddieqy, S.Pt, didampingi oleh Ir. Meruwald Doloksaribu dan Mikael Situmorang, melaksanakan kunjungan lapang ke sejumlah peternak yang memelihara Domba Komposit, yaitu Peternak Ramli, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang; Peternak Linus Tarigan, Nagarejo, Kecamatan Galang, Deli Serdang; Peternak Nurmansyah, Desa Galinda, Kecamatan Galang, Deli Serdang; Peternak Simon Saragih, Desa Bangun Purba, Kecamatan Galang; Peternak Wiyadi, Desa Cukir, Kecamatan Pegajahan, Serdang Bedagai; Peternak Khairul dan Salju Ginting, Kecamatan Galang, Deli Serdang.

Peserta FGD terdiri dari perwakilan Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Utara; peternak domba dari Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai; dan peneliti Lolitkambing sebanyak 42 orang. (IKH/REP)

Bagikan Berita ini