EnglishIndonesian

Dukung Program Padat Karya Pertanian, Puslitbangnak Berikan Bimtek Kepada Lima KTD Bogor

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 26 Februari 2021.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ternak secara serentak kepada 60 orang peternak yang berasal dari lima Kelompok Tani Dewasa (KTD) di empat lokasi di Kota Bogor pada 26 Februari 2021. Lima KTD tersebut adalah KTD Anggora Maju yang berlokasi di Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sareal, KTD Karya Tohaga di Kelurahan Cibadak, Kec. Tanah Sareal, KTD Lembur Sawah dan KTD Lemah Duhur di Kelurahan Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan dan KTD BS1 berlokasi di Kelurahan Muarasari, Kec. Bogor Selatan.

Koordinator KSPHP Puslitbangnak sekaligus narasumber di KTD Anggora Maju Dr. Andi Saenab mengatakan bahwa Bimtek ini merupakan kegiatan diseminasi penyebaran hasil inovasi teknologi yang sudah dihasilkan Puslitbangnak. Selain itu, Bimtek ini salah satu bentuk dukungan Kementerian Pertanian guna menindaklanjuti Program Padat Karya sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian/Lembaga dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyakarat saat pandemic Covid-19, termasuk di bidang pertanian. “Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Program Padat Karya berbasis pertanian diharapkan dapat mengangkat kesejahteraan petani/peternak,” ungkap Dr. Saenab.

Drh. Patriantariksina MSi, dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor yang hadir hadir bersama Drh. Puji dan penyuluh Kayu Manis Poerwanda, berharap anggota KTD Anggora Maju dapat mengambil ilmu dari bimtek yang dilaksanakan tersebut sehingga ternak yang dipeliharanya dapat berkembang dengan baik. “Saya berharap anggota KTD Anggora Maju dapat memelihara dan mengembangkan ternaknya dengan baik yang akhirnya akan meningkatkan ekonomi peternak,” ungkap wanita yang akrab disapa ibu Ina ini.

Sementara itu, Acuy, Ketua KTD Anggora Maju menyataakan kegembiraannya dengan pelaksanaan bimtek budidaya ternak ini. “Senang sekali dengan acara Bimtek ini dan berharap bisa sering dilaksanakan. Mereka (anggota KTD. red) sangat siap dan ingin menambah pengetahuan tentang beternak,” sambutnya. KTD Anggora Maju sendiri terdiri dari peternak domba dan kelinci.

Peserta Bimtek Budidaya Ternak sangat antusias dengan acara ini. Terbukti dengan pertanyaan yang bertubi-tubi. Umumnya peternak menanyakan manajemen pemeliharaan dan pemberian pakan serta cara menjaga kesehatan ternak.

Bimtek yang digelar Puslitbangnak tetap menerapkan protokol kesehatan dimana setiap kali bimtek diikuti oleh 15 orang peserta saja, menjaga jarak, mengenakan masker, membersihkan tangan sebelum dan sesudah acara. Rencananya Puslitbangnak akan melaksanakan Program Padat Karya Pertanian tersebut dalam bentuk  Bimtek kepada sekitar 700 orang peternak.Lokasi bimtek tersebar di 5 kota/kabupaten, yaitu, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Serang. (REP/NH)

Bagikan Berita ini