EnglishIndonesian

Droping dan Distribusi Domba Jantan Compas Agrinak di Kabupaten Kulon Progo untuk mendukung kegiatan Kemitraan Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Domba Balitbangtan Dalam Pandemi Covid-19

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 31 Juli 2021.

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Domba Balitbangtan,  Puslitbangnak telah melaksanakan Droping dan Distribusi Domba Jantan Compas Agrinak di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.pada Rabu - Jumat, 28 - 30 Juli 2021. Tim Puslitbangnak terdiri dari Asep Supriadi, Bayu Arta Ramadhan dan Deni Supriadi – Pusllitbangnak. Sedangkan dari Balitnak adalah Agus Setiawan dan Wahyu Basari Ruswandi.

Domba Jantan Compas Agrinak adalah domba hasil inovasi Balai Penelitian Ternak. Adapun domba kompas agrinak yang diserahkan sebanyak 20 (dua puluh) ekor dibagi kepada 3 (tiga) kelompok Tani di Kabupaten Kulon Progo. Ketga kelompok tani tersebut adalah Kelompok Tani Martani, kelompok Tani Mandiri dan Kelompok Tani Ngudi Rejeki.

Kelompok Tani Martani beralamat di Dobangsan RT 018 RW 008 Kelurahan Giripeni Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Provinsi D.I Yogyakarta menerima sebanyak 5 (lima) ekor domba compas Agrinak. Sedangkan Kelompok Tani Mandiri yang beralamat di Pedukuhan I Desa Bojong Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo Provinsi D.I Yogyakarta menerima sebanyak 5 (lima) ekor. Kelompok Tani Ngudi Rejeki yang beralamat di Keboan RT 002 RW 001 Kelurahan Karangwuni Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Provinsi D.I Yogyakarta menerima sebanyak 10 (sepuluh) ekor.

Adapun tujuan penyebaran domba jantan tersebut adalah sebagai media diseminasi inovasi produk Badan Litbang Pertanian dan untuk memperbaiki mutu genetik domba lokal di lokasi.

Domba Compas Agrinak tersebut diserahkan oleh Puslitbangnak yang diwakili oleh Asep Supriadi SE dan Bayu Arta Ramadhan, S.Pt dan diterima oleh Ketua Kelompok Tani Martani, Bapak Dikin, Ketua Kelompok Tani Mandiri, bapak Yudi Indarto dan Ketua Kelompok Tani Ngudi Rejeki, bapak Mudzakir serta disaksikan oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Drh. Eko Sardiyono.

Domba Compas Agrinak tersebut akan dipelihara terlebih dahulu di kandang kelompok selama proses adaptasi 1-2 minggu dengan memberikan pakan tambahan berupa dedak sebanyak 250gr/ekor/hari. Selanjutnya domba tersebut akan disebarkan di beberapa lokasi anggota terpilih, yang populasi domba betina lokal yang cukup banyak. Setiap periode 5-8 bulan, domba jantan tersebut akan dirotasi atau ditukar diantara lokasi untuk mencegah terjadinya inbreeding.

Proses penyerahan domba ini dituangkan dalam berita acara serah terima (BAST) hari Rabu tanggal 28 Juli 2021 yang ditandatangani oleh Ir. Narta,M.Si (Pihak Pertama yang menyerahkan) dan Dikin (Pihak Kedua yang menerima, selaku Ketua Kelompok Tani Martani), Yudi Indarto (Pihak Kedua yang menerima, selaku Ketua Kelompok Tani Mandiri) dan Mudzakir (Pihak Kedua yang menerima, selaku Ketua Kelompok Tani Ngudi Rejeki) serta diketahui oleh Dr. Agus Susanto (Kepala Puslitbangnak) dan Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA (Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo). (REP)




Bagikan Berita ini