EnglishIndonesian

drh. Anwar dan Dr. Andi Tarigan, Peneliti Loka Penelitian Kambing Potong Narasumber dalam Bimtek Kambing Perah

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 12 Oktober 2021.

Tim RPIK Sumatera Utara melaksanakan Bimbingan teknis Kambing Perah pada ttanggal 30 September 2021 di Kelompok Perah di Tandukan Raga, Kecamatan STM Hilir dan 1 Oktober 2021 di Pancur Batu dan Percut Sei Tuan. Narasumber dalam Bimtek di Kecamatan STM Hilir adalah Dr. Ir. Ma’aruf Tafsin, dari Universitas Sumatera Utara, drh. Anwar dari Loka Penelitian Kambing Potong dan Amri Ady, S.Pt. dari Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang.

Dr. Ir. Ma’ruf Tafsin menjelaskan mengenai pembuatan pakan untuk ternak kambing perah dengan menggunakan beberapa metode seperti, aplikasi, microsoft excel dan person square. Kemudian dilanjutkan oleh Drh. Anwar yang menjelaskan mengenai kesehatan hewan ternak dan pengendalian penyakit pada kambing perah. Sedangkan Amri Ady, S.Pt sebagai menjelaskan pengembangan hasil ternak berupa susu kambing di Kabupaten Deli Serdang.

Bimtek tanggal 1 September menghadirkan narasumber Dr. Andi Tarigan, peneliti di Loka Penelitian Kambing Potong. Beliau menjelaskan mengenai pengolahan pakan yang baik untuk ternak kambing Perah. Peserta bimbingan teknis di STM Hilir berjumlah 35 orang, 2 orang diantaranya petugas PPL. Sementara itu Bimtek di Pancur Batu dan Percut Sei Tuan juga diikuti oleh 35 orang peseerta. Peserta sangat antusias dalam mengikuti bimbingan teknis terlihat dari banyaknya yang mengajukan pertanyaan ke narasumber.

Harapannya dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini peternak bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai manajamen pakan, kesehatan dan pengembangan produk hasil ternak. Peternak berharap kegiatan bimbingan seperti ini dapat dilakukan lebih sering lagi baik dari Kementerian Pertanian maupun dari Pemerintah Daerah. (REP/AT)

Bagikan Berita ini