EnglishIndonesian

Dr. Tike Sartika, Peneliti Utama Puslitbangnak Menerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 20 Januari 2017.

Salah satu peneliti utama Puslitbangnak, Dr. Tike Sartika menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Presiden RI, Bapak Joko Widodo di Istana Negara, 30 November 2016. Beliau adalah pemenang dalam kategori Pelayanan Ketahanan Pangan, sebagai peneliti terbaik dalam menghasilkan inovasi ayam kampung unggul Balitbangtan (ayam KUB-1) yang telah banyak dimanfaatkan di masyarakat. Saat ini ayam KUB-1 sudah menyebar di seluruh provinsi di Indonesia.


Dr. Tike Sartika menerima penghargaan bersama 72 orang lainnya meliputi kategori: Pelopor Ketahanan Pangan, Pemangku Ketahanan Pangan, Pelaku Ketahanan Pangan, Pelayanan Ketahanan Pangan dan Pembina Ketahanan Pangan. Penghargaan ini diberikan atas konstribusinya dalam mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan.


Berbagai penghargaan sudah pernah diterima oleh Dr. Tike Sartika, peneliti yang ramah dan murah senyum ini. Beberapa diantaranya penghargaan: 1. Karya Penelitian Terbaik 1999 peringkat III, Badan Litbang Pertanian dengan judul penelitian Persilangan Ayam Pelung Jantan dengan Ayam kampung Betina untuk meningkatkan ayam lokal pedaging. 2. Penghargaan Lubis Award 2005, Peneliti Teladan, Kategori Peneliti Senior Produktif, Puslitbangnak. 3. Penghargaan atas Prestasi Akademik Gemilang pada Program PASCASARJANA IPB (S2 dan S3), Semester 1 tahun 1996 dan Semester 2 tahun 2000/2001. 4. Penghargaan tingkat nasional dari menteri Pertanian (2015) sebagai peneliti penghasil inovasi pada hari pangan sedunia (HPS) di Palembang.


Dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan beliau sudah menghasilkan karya tulis ilmiah lebih dari 80 artikel baik dalam jurnal penelitian maupun prosiding yang diterbitkan oleh publikasi nasional maupun International. (REP)

Bagikan Berita ini