EnglishIndonesian

Diseminasi Bibit Unggul Rumput Biograss Hasil Inovasi Balitbangtan

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 28 Juli 2022.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Agus Susanto membuka diskusi tentang Diseminasi Bibit Unggul Rumput Gajah Biograss Hasil Inovasi Balitbangtan pada 28 Juli 2022. Dalam sambutannya, Kepala Puslitbangnak menyampaikan bahwa prinsipnya adalah Balitbangtan telah menghasilkan tanaman unggul rumput Biograss. Semua hasil penelitian yang dihasilkan harus tersebar dan sampai ke masyarakat, sehimgga dapat dirasakan manfaatnya.

Rumput gajah Biograss sudah dilepas oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan nomor SK 11726/KPTS/PK.120/08/F/2021 tentang Pelepasan Varietas Rumput Gajah Biograss Agrinak (Pennisetum Purpureum Var. Biogras Agrinak Sebagai Varietas Unggul Tanaman Pakan Ternak.

Kelebihan Rumput gajah Biograss sebagai hijauan pakan ternak adalah produksi tinggi mencapai 319 ton/ha/tahun; potensi pada lahan subur mencapai 27 kg/rumpun; kandungan nutrisi tinggi PK 14,49%, serat kasar 25,07%, lemak kasar 3,04%. Kecernaan bagus (KcBK 73,74% dan KcBO 72,19%); tanin rendah (0,64%); lebih toleran kekeringan, disukai ternak (Palatabilitas 91,37%) dan mudah ditanam.

Rumput gajah Biograss Agrinak merupakan mutan dari rumput gajah varietas Ciawi 2 hasil induksi mutase dan seleksi in vitro rumput ini telah terdistribusi ke seluruh daerah di Indonesia dengan beberapa lokasi pengembangan diantaranya Jawa Tengah dan Jawa Barat

Diskusi yang dilakukan melalui aplikasi zoom ini diikuti oleh Balai Besar Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika Pertanian, Koordinator KSPHP Puslitbangnak, Balai Penelitian Ternak, Loka Penelitian Sapi Potong, Loka Penelitian Kambing Potong, Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo, Sub Koordinator Substansi Kerjasama Penelitian dan Sub Koordinator Substansi Pendayagunaan Hasil Penelitian Puslitbangnak. (REP)

Bagikan Berita ini