EnglishIndonesian

Daya Dukung Produk Samping Tanaman Pangan sebagai Pakan Ternak Ruminansia di Daerah Sentra Ternak Berdasarkan Faktor Konversi

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 24 Februari 2017.

Sebagian besar (96%) penyediaan ternak sapi potong di Indonesia dilakukan oleh peternakan rakyat, dengan kisaran kepemilikan 2-7 ekor/keluarga. Di daerah padat penduduk, peningkatan skala kepemilikan ternak ruminansia akan menyebabkan kesulitan memperoleh pasokan pakan. Sehingga perlu dicarikan alternatif ketersediaan sumber pakan yang dapat dimanfaatkan secara luas dan tersedia secara berkelanjutan.

Pemeliharaan ternak di Indonesia tidak selalu mempunyai tempat khusus. Padang penggembalaan yang secara tradisi dijadikan tempat pemeliharaan, saat ini semakin berkurang arealnya. Alih fungsi lahan penggembalaan banyak dipergunakan untuk aktivitas pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan), pertambangan bahkan perumahan. Lambat laun peternak menyesuaikan diri dengan mencari sumber pakan yang lebih tersedia dengan memanfaatkan berbagai sumber pakan.
Sementara itu, budidaya tanaman pangan (padi, jagung, kedelai, kacang tanah, singkong) telah dilakukan secara terstruktur dengan jadwal tanam dan panen yang tertentu, baik di lahan irigasi, tadah hujan maupun lahan rawa. Berbagai penelitian tentang pemanfaatan hasil samping tanaman pangan telah dilakukan, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak sesuai dengan berbagai status fisiologisnya.

Buku ini menyampaikan tentang potensi pakan yang berasal dari hasil samping tanaman pangan di daerah sentra ternak dan sentra tanaman pangan serta daya tampungnya terhadap ternak ruminansia (sapi potong, sapi perah, kerbau, kambing, domba) di 7 propinsi. Kami berharap bahwa buku “Daya Dukung Produk Samping Tanaman Pangan sebagai Pakan Ternak Ruminansia di Daerah Sentra Ternak Berdasarkan Faktor Konversi“ akan memberikan manfaat bagi pengambil kebijakan tentang potensi ketersediaan bahan pakan berasal dari hasil samping tanaman pangan. Sementara bagi peternak dan praktisi peternakan, buku ini dapat memperhitungkan kemanfaatan hasil samping tanaman pangan untuk pengembangan ternak ruminansia serta ketersediaannya sesuai dengan waktu panen.

File donwload:

 

Bagikan Berita ini