EnglishIndonesian

Brucellosis pada sapi dan penanggulangannya

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 01 Agustus 2016.

Seminar bulanan Puslitbangnak diselenggarakan pada hari kamis, 28 Juli 2016 di aula kantor Puslitbangnak Bogor. Acara yang dihadiri oleh undangan perwakilan dari beberapa instansi, peneliti lingkup Puslitbangnak ini dibuka oleh Dr. Bess Tiesnamurti (Kepala Puslitbangnak).

Seminar bulan Juli ini mengangkat 2 judul yaitu: “Brucellosis pada sapi dan penanggulangannya”, oleh Dr. drh. Susan M Noor dari Balai Besar Penelitian Veteriner dan “Manajemen Pemeliharaan Sapi Wagyu Di Washington State University” oleh Dr. Wisri puastuti dari Balai Penelitian Ternak.

Moderator dalam seminar ini Dr. Eko Handiwirawan. Dalam paparan pertama, Dr. drh. Susan M. Noor menjelaskan bahwa “saat ini Brucellosis yang disebabkan oleh bakteri Brucella abortus telah menginfeksi beberapa wilayah di Indonesia di antaranya Jawa Timur, sebagian wilayah Jawa Barat, NTB, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan wilayah yang telah dibebaskan dari bakteri Brucella adalah wilayah Pulau Sumatra, sebagian wilayah Jawa, sebagian pulau Sulawesi dan Papua. Sampai saat ini terdapat beberapa jenis brucella yaitu abortus, Melitensis, Suis, Ovis, canis. neotonae, yang dapat menginfeksi hewan sapi, bison, kambing, babi, domba, anjing, dan tikus”.

Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua oleh Dr. Wisri Puastuti yang menjelaskan tentang Manajemen Pemeliharaan Sapi Wagyu di Washington State University. Disampaikan bahwa “tingkat kesadaran hidup sehat masyarakat sudah meningkat sehingga dibutuhkan konsumsi daging yang berkualitas dalam pemenuhannya. Dengan mengkonsumsi daging sapi wagyu merupakan salah satu daging yang mempunyai cita rasa tinggi dan sehat karena memiliki pemarmeran (marbling) tinggi yang tidak mengandung lemak jenuh yang besar” bisa membantu pemenuhan konsumsi daging masyarakat yang sehat dan bernilai gizi tinggi. Acara berlangsung dengan lancar dan interaktif dengan adanya sesi diskusi antar peserta dan pemateri. (RR/SS/REP)

Bagikan Berita ini