EnglishIndonesian

Bimtek Temu Teknologi Kemandirian Pakan Berbasis Sumber Daya Lokal di BPP Medan Krio Kecamatan Sunggal

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 04 Oktober 2021.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Penelitian Kambing Potong, BPTP Sumatera Utara dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Medan Krio menyelenggarakan Bimbingan Teknis  (BIMTEK) Temu Teknologi Kemandirian Pakan Berbasis Sumber Daya Lokal pada 1 Oktober 2021 di BPP Kecamatan Medan Krio. Kegiatan ini dilaksnakan dalam rangka mendukung Program Kemandirian Pakan Berbasis Sumber Daya Lokal di Kecamatan Sunggal.

Kepala BPP Medan Krio Bahagia Keliat, SP., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah saat ini menggencarkan berbagai upaya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian adalah Kemandirian Pakan. Walaupun ditengah pandemi semangat para Petani terutama yang berkecimpung dalam Dunia Peternakan tidak pernah surut. Program dilakukan untuk menumbuhkan Produktivitas sektor Pertanian dan kesejahteraan petani yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi petani.

Hal lain yang disampaikan Bahagia Keliat adalah terima kasih atas antusias para petani, beserta para pendamping fasilitator di BPP Medan Krio. Terima kasih juga kepada BPTP Sumatera Utara yang telah memfasilitasi kegiatan Bimtek di Kecamatan Medan Sunggal. “Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, harapannya bermanfaat bagi peserta Bimtek dalam meningkatkan kompetensi peserta khususnya petani diwilayah Kecamatan Medan Sunggal sehingga dapat meningkatkan produktivitas usaha taninya.” ujar Bahagia Keliat. Sementara itu, Koordinator BPP Medan Krio Zulhari, S.St menyampaikan kegiatan Bimtek, dilaksanakan dibeberapa Kecamatan, salah satunya kec. Sunggal.

Narasumber dalam Bimtek Temu Teknologi adalah Rijanto Hutasoit, SP.M.Sc,. Beliau adalah peneliti di Loka Penelitian Kambing Potong. Sei Putih. Dalam paparannya mengenai Budidaya Hijauan Pakan pada Kambing disampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain: penyiapan benih, seleksi benih, penanaman, dan perawatan berupa penyiangan dan pemupukan tanaman.

Antusias para peserta terhadap budidaya hijauan pakan yang disampaikan narasumber tergambar dari diskusi yang berlangsung hangat yang dipandu langsung oleh Rijanto Hutasoit, SP.M.Sc. Harapannya kegiatan Bimtek perlu rutin dilaksanakan kepada petani untuk mampu mengenal beberapa Budidaya hijauan Pakan pada kambing dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas usaha tani kami. Kegiatan Bimtek ini, diikuti sebanyak 30 orang orang peserta berasal dari beberapa kelompok tani yang ada di BPP Medan Krio Kecamatan Sunggal, (REP/RH)

Bagikan Berita ini