EnglishIndonesian

Balitbangtan Beri Bantuan Bunker Pakan dan Mesin Chopper kepada Kelompok Tani di Sumbawa

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 23 November 2021.

Sumbawa (23/11/2021). Dalam mendukung ketersediaan pakan yang berkelanjutan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan memberikan bantuan berupa bunker pakan silase dan mesin chopper kepada Kelompok Tani Mandiri di Desa Labangka, Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa Junaidi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan antara Pemkab Sumbawa dan Puslitbangnak ini antara lain penandatanganan kerjasama antara Pemkab Sumbawa dan Puslitbangnak. "Selain penandatanganan, juga ada kegiatan penanaman jagung serempak seluas 100 ha, lalu peresmian bunker pakan dan mesin chopper untuk biomassa jagung" jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puslitbangnak Dr Agus Susanto mengatakan bahwa dari kegiatan ini diharapkan biomassa jagung yang biasanya tidak termanfaatkan agar dapat menjadi pakan alternatif untuk ternak sapi. “Riset dan Pengembangan Inovatif Kolaboratif atau RPIK adalah program kolaborasi antar instansi seperti di Sumbawa bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Mataram, dan tujuan RPIK adalah untuk kemajuan petani peternak di Indonesia, selain di Sumbawa kita juga melakukan RPIK ini di 5 daerah lain" ungkapnya.

Selain itu, diharapkan dengan adanya bunker pakan dan mesin chopper ini dapat dimanfaatkan secara utuh oleh peternak yang berada di Labangka Kabupaten Sumbawa ini. Kabupaten Sumbawa memiliki potensi yang sangat bagus untuk pengembangan ternak sapi dan tanaman jagung.

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam arahannya mengungkapkan bahwa program ini tidak ada alasannya untuk tidak berhasil karena menurutnya semua orang ada di Labangka sudah bisa beternak dan menanam jagung. "Dengan adanya program ini, supaya bisa membimbing dan mendampingi semua petani dan peternak yang ada di Kecamatan Labangka ini, jangan tidak jalan karena bantuan sudah diberikan” tukasnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kepala Puslitbangnak Dr. drh. Agus Susanto, M.Si., Kepala BPTP Provinsi NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si., Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Sumbawa Junaidi, Kepala Dinas Pertanian Sumbawa Ni Wayan Rusmawati, Anggota Komisi II DPRD Sumbawa Jamila, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Mataram Dr. Ir. Maskur, M.Si., Camat Labangka, Kades Wilayah Kecamatan Labangka, peneliti lingkup Balitbangtan Kementan dan Dosen Fapet Unram, serta petani dan peternak yang berada di kecamatan Labangka. (MIF)

Bagikan Berita ini