EnglishIndonesian

Akselerasi Diseminasi, Puslitbangnak Kunjungi Peternak KTD Mandiri Bogor

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 09 Juli 2020.

Bogor (09/07/2020) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus berupaya melakukan percepatan diseminasi hasil inovasi Balitbangtan bidang peternakan meski pandemi Covid-19 belum berakhir. Melalui Puslitbang Peternakan, Balitbangtan menurunkan Tim Akselerasi Diseminasi mengunjungi Kelompok Ternak Dewasa (KTD) Mandiri yang berlokasi di Kampung Cikondang Kelurahan Katulampa, Bogor Timur pada Kamis, 09 Juli 2020.

Kunjungan lapang ini dilakukan dalam rangka penyiapan infrastruktur sebelum bantuan bibit ternak Kambing Boerka dan ayam Kampung Unggul Balitbangtan diberikan kepada KTD. Pada kesempatan ini, Penangung Jawab Kegiatan Akselerasi Diseminasi Dr. Endang Romjali menyatakan bahwa kesiapan infrastruktur dan sumber pakan hijauan sangat perlu dalam mendukung diseminasi bibit unggul ternak yang akan diberikan kepada kelompok ternak. “Peninjauan HPT (Hijauan Pakan Ternak) juga diperlukan untuk melihat kesiapan pakan dalam mendukung bibit ternak bantuan yang akan diberikan sehingga sumber pakan terpenuhi sebelum ternak kambing diberikan,” imbuhnya.

Kegiatan kunjungan lapang ini diawali dengan mengukur bangunan kandang dan menginventarisir bahan bangunan yang diperlukan. Selain itu, dilakukan peninjauan penanaman hijauan pakan ternak yang berada di lokasi KTD, diantaranya indigofera, odot, rumput benggala. Tim Puslitbangnak yang terlibat antara Dr. Endang Romjali, Budiharto dan Bayu Arta Ramadhan.

Kegiatan akselerasi diseminasi bibit unggul Balitbangtan ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian yang mengharapkan teknologi dan inovasi pertanian semakin digiatkan untuk meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan nasional (BAR)

Bagikan Berita ini