EnglishIndonesian

Program Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif Jawa Timur Panen Sorgum di Situbondo

Kategori: Informasi Aktual Diunggah Pada: 14 September 2021.

Dalam upaya pemenuhan kebutuhan pakan ternak yang berkelanjutan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus berupaya menghasilkan inovasi pakan ternak. Salah satunya melalui kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) di Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur.

Senin 13 september 2021 telah dilaksanakan Pemanenan Tanaman Sorgum di Desa Klatakan Kecamatan Kendit. Prof. Ismeth Inounu selaku penanggung jawab kegiatan RPIK Jawa Timur menyampaikan "Tanaman sorgum bioguma agritan ini yang sudah diteliti selama 5 tahun. Produksinya mencapai 7-9 ton /ha. Kemudian untuk dijadikan bibit diseleksi lagi menjadi 4 ton/ha. Jumlah ini dapat digunakan untuk ditanam dilahan petani seluas 350 ha dan biomassanya dapat digunakan untuk pakan ternak".

Turut hadir dalam panen tanaman benih sorgum diantaranya, Wakil Bupati Sumenep Dewi Kholifah, Staf Ahli Bupati MH Riwansia, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Imam Darmaji, Kepala DTPHP Hariyadi Tedjo Laksono dengan di wakili Sekdis Yatno, peneliti Balitbangtan serta para penyuluh pertanian.

Dalam panen benih sorgum itu, Suryadi salah satu petani yang sukses di Situbondo sempat memaparkan kiat dan strategi menanaman sorgum. Selain panen sorgum dilakukan juga temu teknologi kemandirian pakan berbasis sumber daya lokal untuk petani sorgum dan peternak di Kabupaten Situbondo. (REP/PPK/MIF)

Bagikan Berita ini